Header Ads

Disdik Aceh Gelar Rakor UKS Untuk Semua Guru Aceh


Aceh Nasional News - Banda Aceh
UKS jadi Sarana Pembentukan Pola Hidup Sehat Anak Sekolah
Obesitas dan kebiasaan melewatkan sarapan masih menjadi persoalan bagi anak-anak sekolah.
Kamis Malam 27/ 09/2018, di hotel Grend Aceh Banda Aceh
Hari Pertama Masuk Sekolah
Pemahaman akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat harus dilakukan sejak dini, ketika anak-anak masuk di bangku sekolah. Untuk itulah peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sangat dibutuhkan untuk membentuk perilaku hidup sehat anak-anak sedari dini.pungkasnya
Hal ini disampaikan oleh Syarifuddin Waktu jadi Nara Sumber Bina Kesehatan Anak, Menurut dalam proses tumbuh kembangnya, anak-anak harus mendapatkan stimulasi yang benar, salah-satunya diperoleh melalui sekolah.
"(Sebanyak) 28 persen penduduk Indonesia adalah anak-anak. Mereka ini adalah investasi bangsa. Sekolah memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi dan menjaga mereka dari gangguan yang bisa menghambat tumbuh kembangnya,"

Ia mencontohkan bahwa Unit Kesehatan Sekolah yang kini kembali digalakkan, diharapkan menjadi sarana untuk membiasakan anak-anak sekolah memahami pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri.

"Anak usia sekolah merupakan usia rawan terhadap masalah kesehatan. Padahal hal ini bisa berpengaruh pada pencapaian prestasi. Ini mengapa UKS harus lebih giat lagi menanamkan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini," imbuhnya.
Bina Kesehatan Ibu dan Anak, Obesitas dan kebiasaan melewatkan sarapan pada anak sekolah, menurutnya masih menjadi persoalan bagi anak-anak sekolah.

"Hanya 38 persen anak sekolah yang sarapan. Ini harus menjadi perhatian khusus dan dicari tahu penyebabnya. Sekolah melalui UKS memiliki peran sangat besar untuk meningkatkan pemahaman seperti ini," pungkasnya.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.