Header Ads

H.Uma DPD RI Tinjauan Ke Pembangkit Listrik Tenaga Mikro


Kutacane – Anggota Komite II DPD RI asal Aceh Sudirman atau akrab disapa Haji Uma, melakukan tinjauan ke proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lawe Sikap, di Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Selasa (3/11/18).

Haji Uma dalam kunjungan itu, mengaku memberikan dukungan terhadap pembangunan PLTMH tersebut dan berharap dapat dipacu pembangunannya. Ia juga meminta pihak terkait tetap menjaga kondisi lingkungan di kawasan tersebut.

Apalagi lokasinya berada di area pegunungan yang berdekatan dengan sungai. Seniman Aceh itu meminta proyek pembangunan PLTMH di kawasan itu jangan menimbulkan pencemaran air, sehingga air menjadi keruh akibat tumpahan material.

“Membangun boleh saja, tapi kita juga harus menjaga lingkungan agar tetap lestari,” ujar Haji Uma sebagaimana

Menurut Anggota DPD RI asal Aceh yang kembali mencalonkan diri bertarung pada 2019 mendatang, menilai beradaan PLTMH Lawe Sikap, sangat dibutuhkan untuk memberikan tambahan arus listrik. Namun juga harus memperhatikan lingkungan sekitar.

Haji Uma pun meminta, pekerjaan pembangunan PLTMH dapat dikerjakan secara hati-hati, jangan sampai menimbulkan bencana longsor. Ia mengingatkan agar dibuat gorong-gorong khusus jangan sampai material yang dibuang membuat sungai menjadi keruh.

“Lokasi ini harus benar-benar dijamin tidak longsor dan pada lokasi pekerjaan itu alat berat yang sedang bekerja agar dibuat gorong-goronya agar material yang dibuang itu tidak membuat jadi semakin keruh,” kata Haji Uma.

Masih lahan yang dibebaskan untuk lokasi proyek keseluruhan disebut mencapai 20 hektar, tapi yang digunakan hanya seluas 3 hektar. Pembangunan PLTMH direncanakan memilik kapasitas 7 Mega Watt (MW) dan akan selesai pada 2019 mendatang.

“Kami akan akan berupaya agar air sungai tidak keruh,” demikian jelas Koordinator lapangan sebagaimana(***)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.