Header Ads

REKTOR UNSIYAH JADI IRUP (HPN) 2018


Banda Aceh - Ann
Kepala Staf Kodam Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, S.E. menghadiri upacara Hari Pahlawan Nasional (PHN) tahun 2018, yang berlangsung di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Sabtu 10 November 2018.

Bertindak sebagai Inspektur upacara pada Peringatan Hari Pahlawan ini, Rektor Universitas Syah Kuala, Prof.Dr. Samsul rizal, M.Eng, yang juga dihadiri, Sekda Aceh, Dermawan, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Pejabat Tinggi TNI dan Polri, para pimpinan SKPA serta diikuti oleh seribu personel upacara yang terdiri dari TNI, Polri, Anak Sekolah, Satpol PP, serta unsur Forkopimda Aceh.

Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam amanatnya yang dibacakan Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal menyampaikan. Peringatan hari pahlawan bukan semata hanya sebuah acara saja, namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan hari pahlawan, harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting, karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya, seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia” .

Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 ini adalah. “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara”.

Peringatan Hari Pahlawan, harus menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan intropeksi diri. sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan itu, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

“Oleh karenanya, peringatan hari pahlawan ini, harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan”. Pungkas Rektor Unsyiah, Prof. Samsul Rizal saat membacakan amanat Menteri Sosial.

Usai peringatan Hari Pahlawan Nasional, juga akan dilakukan jamuan dan silaturrahmi dengan para keluarga veteran di Pendopo Gubernur Aceh.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.