Header Ads

Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Aceh menggelar Hari Kunjungan Perpustakaan 2018


Banda Aceh - Aceh
yang diselenggarakan pada 05 November 2018.

Kegiatan yang digelar selama satu hari tersebut sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat Aceh.

"Melalui kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya perpustakaan sebagai wahana pembelajaran sepanjang hayat. Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada hari kunjung perpustakaan ini dirancang sedemikian rupa untuk menarik minat masyarakat, khususnya para pelajar dan mahasiswa agar datang dan berkunjung ke perpustakaan," Ujar wildan Sebagai Kepala dinas Arsip Provinsi Aceh,
saat membuka Hari Kunjung Perputakaan kegiatan tersebut  di halaman Arsip, di hadiri idawati ibu Plt gubernur Aceh.

Ia mengatakan, perpustakaan merupakan salah satu diantara sarana dan sumber belajar yang efektif. Perpustakaan menyediakan berbagai bahan pustaka yang secara individual dapat diakses oleh peminatnya masing-masing karena berbeda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari secara klasikal di sekolah.

Menurutnya, kehadiran perpustakaan diharapkan turut membantu dalam penyediaan informasi dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan taraf pendidikan untuk perbaikan mutu kehidupan.

Mengenai, kegiatan hari kunjung perpustakaan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan yang selalu dekat dengan masyarakat. Ketersediaannya suatu ruang publik seperti perpustakaan bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi, center of knowledge, dan learning center bagi masyarakat.

Dengan hadirnya kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat memulihkan kesadaran masyarakat akan kebutuhan terhadap perpustakaan, posisi perpustakaan tidak lagi berada di luar masyarakat. Tidak ada jarak antara perpustakaan dengan masyarakat sehingga tidak diperlukan lagi suatu ‘jembatan’ untuk menghubungkannya. Perpustakaan akan menjadi bagian dari masyarakat.

"Perpustakaan itu adalah jendela dunia, karena di perpustakaan banyak koleksi buku. Oleh karena itu kami meminta kepada orang tua agar mencintai buku dan anak ddiajarkan budaya membaca.  Jangan mengalihkan anak dalam bentuk gamesMencintai buku gerbangnya jendela dunia," kata wildan.

Sementara itu, Kepala dinas Arsip Aceh mengatakan, pada kegiatan hari kunjung perpustakaan tahun ini tidak hanya melibatkan bidang-bidang di DPA saja, namun juga melibatkan penerbit dan taman bacaan.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka hari kunjung perpustakaan tahun ini diantaranya, Pameran Kearsipan, yang mengangkat beberapa arsip penting seperti Mobil khusus Mobil Berjalan ke Sekolah sekolah untuk anak anak sekolah di Provinsi Aceh,  alat Sebagai  trasportasi di Aceh

Selain itu ada acara bedah buku ”travellers wife” karya penulis asli Aceh, seminar perpustakaan, lomba mewarnai, dongeng, pemutaran film, dan bazaar buku, semua kita adakan untuk anak anak sekolah dan Mahasiswa dan masyarakat Aceh, ujar. Wildan

Dalam acara itu juga ada penyerahan bingkisan seperti  buku atau yang bisa menjawab pertanyaan dapat hadiah dari nara sumber buku sebanyak selaku mitra BPA dengan harapan akan menambah jumlah koleksi buku di Perpustakaan Provinsi dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Aceh.
"Sementara tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan rata-rata baru mencapai 300 orang per harinya. Jumlah ini memang pengunjung per hari," ujar wildan.(s)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.