• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    BKKBN Aceh Gelar Salam Genre Untuk Generasi Muda Untuk Tidak Melakukan Seks Bebas

    4/26/19, Jumat, April 26, 2019 WIB Last Updated 2019-04-26T08:10:38Z

    Banda Aceh - ANN
    Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Aceh  mengatakan salam Genre (Generasi Berencana) untuk generasi muda memiliki tiga makna unggulan, yakni tidak menikah mudah, tidak melakukan seks bebas, dan tidak menggunakan narkoba.

    "Salam Genre dengan mengacungkan tiga jari (jari tengah, jari manis, jari kelingking) kemudian telunjuk dan jempol membentuk lingkaran, ini bukan sekedar lambang salam, namun simbol dengan makna besar," ujar Kepala Perwakilan BKKBN Aceh di Hermes palace, Kamis (25/04.2019).

    Hal itu dikatakan Teguh saat membuka pelayanan KB Gratis kepada warga di Aceh
    Makna lingkaran dari telunjuk dan jempul adalah zero atau nol yang menggambarkan tidak melakukan tiga hal. Pertama adalah tidak menikah di usia mudah karena pernikahan di usia mudah akan menyebabkan banyak masalah.
    Dalam hal ini, remaja disarankan serius belajar mulai jenjang sekolah hingga perguruan tinggi dan meningkatkan kariernya, setelah usianya matang baru dianjurkan menikah sehingga secara mental dan reproduksi juga siap membina rumah tangga agar memiliki keturunan.

    Zero kedua adalah tidak melakukan seks bebas (zero free sex). Konseling di bidang ini untuk membangun pusat informasi antarremaja baik antarpelajar maupun antarmahasiswa, atau antarteman sebaya.

    Dalam penekanan konseling zero free sex, kegiatannya berupa penyuluhan dan melatih remaja memiliki kemampuan, dapat memecahkan solusi, dan mencegah remaja dari pergaulan bebas, sehingga ketika ada remaja yang punya masalah, maka bisa diselesaikan melalui bimbingan dan konseling sebaya.

    Sedangkan untuk zero narkoba, maka remaja juga diberikan wawasan tentang apa itu narkoba dan bagimana bahayanya jika seseorang mengkonsumsi obat-obatan terlarang, sehingga melalui bimbingan ini maka para remaja bisa menjauhi narkoba.

    "Narkoba merupakan persoalan yang harus menjadi perhatian semua pihak, mulai dari BNN, aparat, orang tua, hingga BKKBN pun turut memikirkan jangan sampai anak-anak kita terperangkap bahya narkoba," ujarnya.

    BKKBN, lanjut Sahidal, bukan hanya mengurus alat kontrasepsi. Selama ini masyarakat hanya mengenal tugas BKKBN pasti berhubungan dan alat kontrasepsi, padahal pelayanan KB berupa alat kontrasepsi hanya sebagian kecil dari banyaknya program BKKBN.

    Setelah membuka pelayanan KB secara gratis, Sahidal bersama Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan KB Kota Banda Aceh Marnabas, serta rombongan kemudian meninjau ruang pelayanan KB, dilanjutkan Meneliti tentang pil Kb.(*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini