Header Ads

Rumah Zakat Aceh Kembali Gelar Event Tahunan Selama Ramadhan


Banda Aceh - ANN
Rumah Zakat Aceh kembali menggelar Event/Acara tahunan yang diselenggarakan pada 12 Mei di Masjid H. Keuchik Leumiek. Dalam rangka menghidupkan Ramadhan, Rumah Zakat Aceh menghadirkan 3 rangkaian agenda yang dikemas dalam 1 paket program bernama "Senyum 1000 Yatim & Dhuafa Bersama Quran". 3 Agenda tersebut yaitu Sehari Bersama Quran (SBQ), Kemah Quran (KemQur), dan Khataman Quran.
SBQ (sehari bersama quran) merupakan acara yang diselenggarakan rumah zakat aceh khusus pada bulan ramadhan. Acara tahunan ini sudah berjalan sejak tahun 2015 artinya ramadhan kali ini adalah kali ke-5 diadakan kembali acara SBQ.
Adapun lokasi/tempat diadakannya SBQ ini berpindah-pindah, sebelum nya pernah diadakan di masjid agung al makmur (oman), pernah juga diadakan di masjid baitul musyahadah dan kali ini berlokasi di masjid H. Keuchik Leumiek, Lamseupeng. Berpindah pindah dikarenakan sebagai bentuk syiar dan mem-publish bahwa acara SBQ dan kegiatan kegiatan didalamnya benar-benar terasa manfaatnya dikalangan masyarakat terutama masjid sebagai mitra tempat pusatnya keagamaan.
"Diambil nama SBQ yaitu Sehari Bersama Quran karena memang SBQ acaranya seharian penuh mulai dari acara seremonial, simbolis pembagian paket ramadhan dan quran, sambutan pemerintah kota banda aceh dalam hal ini mewakili walikota bapak Zainal Arifin dan ceramah sampai siang. Setelah sholat zhuhur dilanjutkan lagi dengan tilawah quran seluruh anak-anak yang berjumlah kurang lebih 400 anak yatim dan dhuafa yang sudah dikelompokkan dengan mentor mereka masing-masing dan mengkhatamkan quran 30 juz yang juga sudah dibagi per-juz pada setiap kelompok. Dan terakhir buka puasa bersama, Alhamdulillah bapak wakil walikota pak Zainal masih ikut berbuka puasa bareng hingga acara selesai." Kata Ketua Panitia pelaksana Mutar Diansyah.
Setelah acara SBQ berakhir, dilanjutkan dengan rangkaian agenda berikutnya yaitu KemQur (Kemah Quran). Anak anak yatim dan dhuafa yang hadir di acara SBQ akan kembali dijemput orangtua mereka setelah sholat maghrib kecuali anak yang ikut kemah quran yang berjumlah 46 anak yang diantar malam itu juga ke Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe sebagai tempat dilaksanakannya kemah quran. Kemah quran tidak hanya diikuti anak anak dari binaan rumah zakat, akan tetapi juga diikuti oleh anak panti Rumoh Seujahtera Aneuk Nanggroe sebagai bentuk kerjasama. Kemah Quran berlangsung selama 10 hari, mereka akan dikarantina untuk menghafal quran disana.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.