Header Ads

Kecamatan Darul Imarah Juara Pada Lomba Pawai Takbir Keliling Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah


KOTA JANTHO - ANN Kecamatan Darul Imarah berhasil memborong juara pada lomba pawai takbir keliling dalam r

angka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah Kabupaten Aceh Besar. Keberhasilan itu diperoleh Darul Imarah setelah tiga tim berhasil menjadi juara I, II dan III pada even yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar, di Halaman Masjid Jamik Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Rabu (5/6/2019) malam.

Sebagaimana dibacakan Ketua dewan hakim musabaqah pawai takbir Idul Fitri 1440 H Aceh Besar, Ustad Edy Mukhlis dengan penilaian yang dilakukan berupa semangat bertakbir, tajwid, Lafadz, keindahan lagu, suara dan kekompakan dalam bertakbir, kreatifitas hiasan mobil, keunikan seragam peserta serta unsur penilaian lainnya.

Ditetapkan 8 tim sebagai juara pawai takbir keliling Aceh Besar 2019, antara lain kategori mobil hias/pejalan kaki dari masyarakat juara I, II dan II diraih utusan Kecamatan Darul Imarah yakni Gampong Lagang, Lamsidaya dan Ruhul Jadid Gampong Lampasie Engking.

Ketiganya selain mendapat tropi juga mendapat uang pembinaan masing-masing Rp 12 juta, Rp 10 juta dan Rp 8 juta. Hadiah juara pertama piala dan uang pembinaan diserahkan Bupati Aceh Besar Ir Mawardi.

Sementara, juara harapan I, II dan III masing - masing diraih oleh Gampong Aneuk Glee Indrapuri memperoleh tropi dan hadiah Rp 6 juta, Gampong Pante Ingin Jaya mendapat tropi dan uang pembinaan Rp 4 juta, dan Gampong Cot Peutano Kecamatan Kuta Baro juga diberikan tropi dan uang Rp 3 juta.


Sedangkan untuk peserta katagori mobil hias dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemkab Aceh Besar dan lembaga lainnya untuk terbaik I diboyong Dinas Syariat Islam dan  mendapat tropi serta uang pembinaan Rp 7 juta. Sedangkat terbaik II tropi dan uang pembinaan Rp 5 juta diraih Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Besar


Pada perlombaan takbir keliling yang dilepas oleh Bupati Ir Mawardi Ali bersama unsur Forkopimda Aceh Besar ditandai dengan pemukulan beduk pada pukul 09.15 WIB dan berakhiri pukul 24.00 WIB dini hari.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali pada kesempatan itu, mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan ketaqwaan ke Allah SWT. Begitupun Ia berharap para peserta menjadikan pawai takbir keliling tidak hanya untuk meraih juara, tetapi jadikan sebagai momentum menyiarkan keagungan Asma Allah. "Kita berharap pawai takbir ini, selain mengagungkan dan kebesaran Allah SWT menyambut Hari Raya Idul Fitri serta upaya mempererat dan ukhuwah dalam memperkuat Syariat Islam, khususnya di Aceh Besar," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mawardi Ali, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin dan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah kepada seluruh masyarakat Aceh Besar. "Kita telah menjadi pemenang pada malam ini, karena telah sebulan penuh berpuasa," pungkas Mawardi Ali.

Sebelumnya Ketua panitia Carbaini SAg, yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, menyebutkan pawai Takbir Idul Fitri 1440 H/2019 M diikuti oleh 34 kelompok masyarakat dan 24 kelompok OPD dijajaran Pemkab Aceh Besar beserta lembaga lainnya. Pawai yang mengambil start di depan Masjid Lambaro (jalur depan masjid)-Kantor KONI putar ke bundaran Lambaro arah bundaran SIM Blang Bintang dan kembali lagi ke depan Masjid Lambaro (finish) dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 kilometer.


Selain dihadir ribuan masyarakat yang sangat antusias menyaksikan pawai takbiran mulai didepan Masjid Jamik Lambaro dan juga di sepanjang rute yang dilalui oleh mobil hias dan obor pejalan kaki dengan terus menyuarakan takbir keagungan Allah SWT.

Selain Bupati Mawardi Ali, hadiri juga, mantan Menteri PAN-RB RI Ir H Azwar Abubakar MSc, Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs Supriyanto Tarah MM. Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto SH, dan Kapolres Aceh Besar AKBP Ayi Satria Yuddha SIK MSi.

Tampak juga Kajari Aceh Besar Mardani, SH, Sekdakab Drs Iskandar MSi, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar Zulfikar SH dan unsur Forkopimda lainnya, kepala OPD, para camat dan para pejabat dijajaran Pemkab Aceh Besar, pimpinan BUMN dan BUMD, Muspika Ingin Jaya serta tokoh-tokoh masyarakat.


FOTO/ HUMAS PEMKAB ACEH BESAR


Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali menyerahkan tropi dan hadiah kepada tim Gampong Lagang, Kecamatan Darul Imarah juara pertama lomba pawai takbir keliling Kabupaten Aceh Besar, di Halaman Masjid Jamik Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Rabu (5/6/2019) malam.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.