Header Ads

Kadis UKM Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Berkerjasa Dengan Dinas Disperindagkop Aceh Besar Melaksanan Pasar murah


KOTA JANTHO - ANN Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (
Diskopukmdag) Kabupaten Aceh Besar bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh akan melaksanakan Pasar Murah dan Operasi Pasar di empat Kecamatan di Kabupaten Aceh Besar.

"Kita gelar operasi pasar dalam upaya mengantisipasi kemungkinan menjelang perayaan Idul Adha terjadi gejolak kenaikan harga, meskipun saat ini harga bahan pangan di wilayah Aceh Besar masih terkendali," kata Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Taufiq SH, kepada wartawan, di Kota Jantho, Jumat (26/7/2019).

Menurutnya, H-15 Idul Adha, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Aceh Besar relatife stabil, namun hanya ada kenaikan pada harga cabe, hal ini dikarenakan pasokan yang kurang, makanya terjadi kenaikan harganya, sedangkan bahan pokok yang lain relatife stabil, yang penting distribusi lancar

“Pelaksanaan operasi pasar merupakan Program Pemerintah Aceh menjelang hari-hari besar Islam seperti Idul Adha, Ramadhan, Idul Fitri dan hari-hari besar lainnya. Hal ini dikhawatirkan terjadi kenaikan harga, jadi untuk mengantisipasi makanya pemerintah melaksanakan operasi pasar, walaupun terbatas, namun sangat terbantu masyarakat di hari-hari besar itu tergantung dengan dana yang tersedia,” jelas Taufiq lagi.

Pasar murah ini merupakan program pemerintah Aceh melalui Disperindag  bersumber anggaran dari Propinsi yang dilakanakan oleh Bulog Aceh di wilayah Aceh Besar, sedangkan Diskopukmdag Aceh Besar hanya menetapkan lokasi saja.

Pasar murah di Kabupaten Aceh Bear akan dilakukan di empat titik, yaitu tanggal 30 Juli di halaman Kantor Camat Lhoknga, 31 Juli di Halaman Kantor Camat Suka Makmur, Sibreh, 1 Agustus di Kecamatan Montasik, dan 2 Agustus di Pasar Krueng Raya Kecamatan Mesjid Raya.

"Barang-barang yang dijual di pasar murah itu harganya pasti lebih murah dari harga di pasar. Ada lima  komoditi yakni beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng dan telur," katanya.

Taufuq mengimbau kepada masyarakat di empat kecamatan itu agar betul-betul memanfaatkan kesempatan ini, sebab persedian barang sangat ini terbatas dan harga barang yang lebih murah serta terjangkau dipasaran. "Operasi pasar ini dapat meringankan beban masyarakat menjelang hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung 2 minggu lagi. Sebelumnya, Diskopukmdag Aceh Besar juga sudah memberitahukan pelaksanaan pasar murah ini kepada para Camat yang menjadi lokasi operasi pasar untuk disampaikan kepada masyarakat diwilayahnya melalui keuchik," pungkas Taufiq SH, Kadiskopukmdag Aceh Besar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.