• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Menjelang Pelaksana Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong Tahun 2019 Dibener Meriah

    7/07/19, Minggu, Juli 07, 2019 WIB Last Updated 2019-07-07T15:55:12Z

    KOTA JANTHO - ANN
    Menjelang pelaksanaan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) tahun 2019 di Bener Meriah mulai 9 hingga 13 Juli mendatang, Kabupaten Aceh Besar siap menampilkan tiga produk unggulan. "Ada tiga produk inovasi dari masyarakat Aceh Besar yang akan kami tampilkan di pameran TTG (Teknologi Tepat Guna) di Bener Meriah," kata Bahrul Jamil SSos MSi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar, kepada Wartawan, Minggu (7/7/2019).

    Ia menjelaskan ketiga produk yang akan ditampilkan pada pemerintah PIPMG tersebut merupakan produk unggulan masyarakat dengan inovasi teknologi tepat guna. Ketiga produk tersebut, yakni sepeda pemintal tali yang diproduksi oleh Muhammad Jamil warga Lamnga Kecamatan Mesjid Raya. Alat ini diperuntukkan untuk memproduksi tali dan keset kaki.

    Produk kedua, sebut BJ sapaan akrab Bahrul Jamil, yaitu kompor Gaskam yang diproduksi oleh Erwandi warga Lambeutoeng, Kecamatan Indrapuri merupakan modifikasi kompor dan kipas angin dengan proses pembakaran menggunakan jerami dan sekam atau ampas padi.

    Sedangkan produk ketiga berupa instalasi pengolahan air bersih skala rumah tangga yang dibuat oleh Husaini Hamca warga Leupung Cut, Kecamatan Kuta Malaka. "Tentu ketiga produk andalan Aceh Besar mampu menjadi terbaik diantara produk TTG lain yang dipamerkan di Bener Meriah," ujar Bahrul Jamil.

    Senentara itu, terkait dengan pameran produk unggulan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) terbaik, Aceh Besar menampilkan produk Bumdes Blangkrueng, Kecamatan Baitussalam dan Bumdes Gampong Meunasah meunasah Mon Cut, Kemukiman Lamlhom, Kecamatan Lhoknga. Produk Bumdes Blangkrueng ada sembilan unit usaha meliputi unit bank sampah yang menghasilkan pupuk kompos, pupuk cair, dan bijih plastik, unit pangkalan gas, depot air minum, sekolah gampong, penggemukan sapi, unit kue keukarah, unit simpan pinjam (SPP), unit rumah sewa dan unit pengelolaan tanah Baitul Mal.


    Sedangkan produk Bumdes Meunasah Mon Cut ada tujuh produk berupa beras yang dihasilkan oleh unit pertanian (kilang padi) milik gampong, PDAM gampong atau air bersih, pengelolaan mesin tracktor, unit usaha penyewaan tratak, Unit usaha spp, penjualan bahan pertanian dan usaha penyewaan alat pkk.

    Adapun produk-produk unggulan gampong yang ditampilkan berupa bumbu kunyit kemasan botol, bumbu ketumbar kemasan botol, bumbu kelapa gongseng kemasan botol, bumbu asam sunti kemasan botol, permen papaya candy, peyek bakoi, gula U, kelapa gongseng, dendeng, kerupuk cue dan kue bawang berbahan ketela

    BJ mengungkapkan pelaksanaan PIPMG dan pameran  TTG juga bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 Tingkat Provinsi Aceh dan bersamaan dengan Hari Kesatuan  Gerak (HKG)  PKK ke-47.  "Semua kabupaten dan kota se-Aceh akan ikut tampil memamerkan produk-produk unggulan usaha masyarakat dan keluarga," demikian Bahrul Jamil SSos MSi, Kadis DPMG Aceh Besar.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini