• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    BKKBN Aceh Gelar Seminar

    8/29/19, Kamis, Agustus 29, 2019 WIB Last Updated 2019-09-12T04:28:15Z

    Banda Aceh  - ANN
    Badan Kependudukan dan Keluarga


    Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Aceh menggelar seminar kependudukan dalam rangka momentum Hari Kependudukan Dunia dan sosialisasi program pengendalian pendudukan bersama mitra kerja di Provinsi Aceh.

    “Indonesia dan Aceh khususnya sangat mementingkan implementasi program aksi International Conference on Population and Development (ICPD) atau yang dikenal dengan Konferensi Kependudukan Dunia di Kairo,” kata Kepala BKKBN Aceh, Sahidal Kastri di Banda Aceh, Senin.

    Ia menjelaskan kegiatan tersebut diikuti 80 peserta dari 23 kab/kota dan mitra kerja BKKBN di seluruh provinsi setempat.

    Ia mengatakan dalam penataan dinamika kependudukan, Pemerintah Indonesia telah berinisiatif menyusun Rencana induk Pembangunan Kependudukan pada tingkat nasional maupun daerah.

    "Artinya, yang diintegrasikan program pembangunan kependudukan dari lima aspek utama yaitu pengendalian kuantitas, kualitas, mobilitas, pembangunan keluarga, serta penguatan database kependudukan, secara lintas sektor," katanya.

    Menurut dia ada empat hal mendasar untuk implementasi komitmen ICPD Kairo yakni terpenuhinya layanan KB dan kesehatan reproduksi yang berkualitas, mudah diakses dan terjangkau, khususnya bagi wanita menikah usia subur.

    Kemudian menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi melalui upaya promotif dan preventif dan penghapusan kekerasan terhadap perempuan melalui penyediaan pusat layanan terpadu bagi korban kekerasan, serta memberikan bantuan hukum oleh kementerian terkait.

    Selanjutnya pertumbuhan anak-anak dan remaja yang sehat untuk mengoptimalisasikan bonus demografi, serta investasi pada pemuda, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini