Header Ads

Empat Pelajar Wakili Aceh Pada Kuis Kihajar Nasional 2019


Banda Aceh - ANN
Sebanyak empat pelajar jejang SD, SMP,
SMA dan SMK berhak mewakili Aceh untuk mengikuti Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar) Tingkat Nasional 2019 di Jakarta. Mereka terpilih dari 200 peserta yang mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Aceh.

Sebelumnya Dinas Pendidikan Aceh melalui Balai Tekkomdik menyelenggarakan Kuis Kihajar, Selasa (24/5/2019) di Hotel Grand Aceh Lamdom, Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD, MPA melalui Koordinator Pengawas Sekolah, Drs Marwandi menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang yang sangat bergengsi yang dikemas dengan menarik. hal ini menjadi daya pikat tersendiri bagi siswa untuk mengikuti kuis kihajar.

"Selamat kepada para pemenang kuis Kihajar tahun 2019 dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang akan mewakili Aceh ke tingkat nasional," ujarnya.

Drs Marwandi meminta kepada seluruh pelajar yang ikut pada ajang ini agar menjadikan pengalaman bertanding sebagai motivasi untuk mengekspresikan kemampuannya melalui kompetisi yang digelar ini.

"Para pelajar di Aceh tidak kalah dengan pelajar lainnya di Indonesia. Terus mengasah bakat dan kemampuannya agar dapat memenangkan setiap kompetisi di tingkat provinsi hingga nasional," pintanya.


Sebelumnya, Kepala UPTD Balai Tekkomdik Aceh, Teuku Fahriyal, S.SOs, MM melalui Kasi Layanan dan Publikasi, Drs Anwar M. Isa, M. Si melaporkan kegiatan kuis Kihajar ini diikuti oleh ratusan siswa dari sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar, mulai jenjang SD hingga SMA/SMK.

"Adapun jumlah peserta yang hadir merupakan utusan dari sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Besar dan Banda Aceh. Jumlahnya mencapai 200 peserta dan ditambah guru pendamping," jelasnya.

Anwar merincikan jumlah peserta yang mengikuti kuis kihajar 2019 sebanyak 50 peserta dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.Para siswa saling berkompetisi menunjukkan kemampuannya.

Anwar menyebutkan para juara untuk tingkat SMA, yaitu juara satu diraih oleh Adinda Nurkhairi dari SMAN 3 Banda Aceh, juara dua dan tiga diraih oleh T Nilnal Lyusi dan Fadhlurahman Ilhan Ananda yang sama sama dari SMAN Modal Bangsa.

Lalu untuk jenjang SMK, juara satu diraih oleh Putri Amalia Husna dari SMKN Banda Aceh, juara dua diraih Natasya Gebrina yang juga SMKN 1 Banda Aceh dan juara 3 diraih oleh Dini Aqilah dari SMKN 2 Banda Aceh.

Selanjutnya untuk tingkat SMP, juara satu diraih oleh Hanif Azzikri dari SMP Fatih, juara dua oleh M Daffa dari SMP IT Luqmanul Hakim, dan juara tiga Alysa Rausya Delfitria dari SMP IT Alfityan.

Kemudian untuk tingkat SD, juara satu hingga tiga diraih siswa SD Fatih yaitu Keisya Aurelia Maharia, Rajwa Azzahra, dan Qadama Althaf Daud.

"Kepada para juara mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, selempang serta uang pembinaan dari Dinas Pendidikan Aceh dan Pustekkom Kemdikbud RI," tuturnya.

Sementara untuk juara I mendapatkan uang pembinaan senilai Rp 6,5 juta, juara II senilai Rp 5 juta, juara III senilai Rp 3,5 juta untuk semua jenjang. Khusus untuk juara pertama berhak mewakili Aceh pada Kuis Kihajar tingkat Nasional 2019 pada November mendatang di Jakarta.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.