Header Ads

Sebanyak 81 DPRA Hari ini Sah Di Lantik Periode 2019-2024


Banda Aceh - ANN
Sebanyak 81 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) priode 2019-2024 dilantik. Pelantikan berlangsung di gedung DPR Aceh di Banda Aceh dalam agenda rapat paripurna DPR Aceh dalam rangka peresmian pemberhentian anggota DPR Aceh masa jabatan 2014-2019 dan pengucapan sumpah anggota DPR Aceh masa jabatan 2019-2024, Senin (30/09/2019).

seluruh anggota DPR Aceh itu dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Banda Aceh dan setelah itu dipeusijuk atau tepung tawar secara adat Aceh oleh Wali Nanggroe.

Pelantikan anggota DPR Aceh ini berdasarkan surat lampiran keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.11-4348 tahun 2019 tentang pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh masa jabatan tahun 2019-2024.

Dari 81 anggota DPR Aceh ini, terdiri dari partai lokal dan partai nasional. Namun anggota DPR Aceh yang paling dominan adalah dari Partai Aceh (partai lokal) dan disusul nomor dua Partai Demokrat (partai nasional).

Dengan pelantikan 81 anggota DPR Aceh yang terpilih pada Pemilu Legislatif 2019 lalu, maka Tumpuk kepemimpinan DPR Aceh berganti. dimana Ketua DPR Aceh yang sebelumnya dijabat oleh Sulaiman,SE kemudian digantikan oleh Dahlan Jamaludin dari Partai Aceh dan wakil ketua Damili dari Partai Demokrat.

Ketua DPR Aceh yang baru, Dahlan Jamaludin dalam sambutan perdananya memimpin rapat paripurna mengatakan, masih banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilanjutkan, salah satunya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

"Kita ketahui berdasarkan data dari BPS angka kemiskinan di Aceh masih di atas 15 persen, angka pengangguran juga masih. Kita bertekad akan melanjutkan pekerjaan para senior kita anggota DPR Aceh priode 2014-2019. Yang paling penting juga kita akan terus mendukung program pemerintah dengan sinergitas antara pihak legislatif dan eksekutif," kata Dahlan.

Kemudian Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan, selamat kepada anggota DPR Aceh yang baru diambil sumpah untuk priode 2014-2019.



"Kita juga berterima kasih kepada anggota DPR Aceh priode 2014-2019 yang telah bekerja mewujudkan pembangunan Aceh, yang paling menjadi catatan sejarah adalah baru saja mensahkan anggaran pendapatan dan belanja Aceh (APBA) tahun 2020, dan ini paling cepat dua bulan dan tidak pernah terjadi sebelumnya," kata Nova.

Berikut ini nama-nama anggota DPR Aceh yang baru dilantik priode 2019-2024 :

Dari Daerah Pemilihan 1 meliputi Aceh Besar, Banda Aceh, dan Sabang 11 kursi, yakni Saifuddin Yahya (Partai Aceh), Muchlis Zulkifli (PAN),  HT  Ibrahim (Partai Demokrat), Irawan Abdullah (PKS), Abdurrahman Ahmad (Gerindra).

Kemudian, Azhar Mj Roment (Partai Daerah Aceh), Ansari Muhammad (Golkar), Sulaiman (Partai Aceh), Teuku Irwan Djohan (Partai Nasdem), Darwati A Gani (Partai Nanggroe Aceh), dan Tezar Azwar (PAN).

Daerah Pemilihan 2 meliputi Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya dengan sembilan kursi DPR Aceh, yakni Anwar (Partai Aceh), Khairil Syahrial (Gerindra), Dalimi (Partai Demokrat), Dahlan Jamaluddin (Partai Aceh),

Berikutnya, M Rizal Falevi Kirani (Partai Nangroe Aceh), Hj Nurlelawati (Golkar), Wahyu Wahab Usman (Partai Daerah Aceh), Ihsanuddin (PPP), dan  Kartini Ibrahim (Gerindra).

Daerah Pemilihan 3 dengan tujuh kursi meliputi Kabupaten Bireuen, yakni Zulfadli (Partai Aceh), Samsul Bahri (Partai Nanggroe Aceh), Ilham Akbar (Golkar), Amiruddin Idris (PPP), Purnama Setia Budi (PKS). Khalili (Partai Aceh), dan Tgk Haidar (Partai Nanggroe Aceh).

Daerah Pemilihan 4 dengan 6 kursi DPR Aceh meliputi Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, yakni Salihin (PKB), Alaidin Abu Abbas (Partai Demokrat), H Taufik (Gerindra), Bardan Sahidi (PKS), Hendra Budian (Golkar), serta Muhammad Ridwan (PDIP).

Daerah Pemilihan 5 dengan 12 kursi meliputi Aceh Utara dan Kota Lhoksmawe, yakni H Ismail A Jalil (Partai Aceh), Tarmizi (Partai Aceh), H Ridwan Yunus (Gerindra), Sofyan Puteh (PAN), Tantawi (Demokrat).

Berikutnya, Fakhrurrazi H Cut (PPP), Mawardi (Partai Aceh), Nuraini Maida (Golkar), Armiyadi (PKS), Muslim Syamsuddin (Partai SIRA), Mukhtar Daud (Partai Nanggroe Aceh, dan Saiful Bahri (Partai Aceh).

Daerah Pemilihan 6 Aceh Timur dengan enam kursi DPR Aceh, yakni Tgk Muhammad Yunus M Yusuf (Partai Aceh), Iskandar Usman Al-farlaky (Partai Aceh), Muhammad Yunus (Demokrat), H Murhaban Makam (PPP), Martini (Partai Aceh), dan Ridwan Nek Tu (Partai Daerah Aceh).

Daerh Pemilihan 7 terdiri tujuh kursi DPR Aceh meliputi Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang, yakni Irfansyah (Partai Aceh), H Jauhari Amin (Gerindra), Nora Idah Nita (Demokrat), Asrizal H Asnawi (PAN), Muhammad Rizky (Golkar), Syamsuri (Nasdem), dan Suryani (PKS).

Daerah Pemilihan 8 meliputi Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues dengan lima kursi DPR Aceh, yakni H Ali Basrah (Golkar), Rijaluddin (PKB), Junedi (Hanura), Yahdi Hasan (Partai Aceh), dan Nurdiansyah Alasta (Demokrat).

Daerah Pemilihan 9 dengan sembilan kursi DPR Aceh meliputi Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Kota Subulussalam, dan Aceh Singkil, yakni H Teuku Sama Indra (Demokrat), Hj Asmidar (Partai Aceh), Hj Sartina (Golkar).

Serta Safrijal (Partai Nanggroe Aceh), Tgk H Syarifuddin (PKB), Irpannusir (PAN), Tgk H Attarmizi Hamid (PPP), Safaruddin (Gerindra), dan Hendri Yono (PKPI).

Dan Daerah Pemilihan 10 dengan sembilan kursi DPR Aceh meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, dan Simeulue, yakni Azhar Abdurrahman (Partai Aceh).

Serta Herman (Demokrat), Fuadri (PAN), TR Keumangan (Golkar), Zaini Bakri (PPP), Asib Amin (Gerindra), Tarmizi (Partai Aceh), Zaenal Abidin (PKS), dan Edi Kamal (Demokrat).(Parlementaria)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.