Header Ads

BKKBN Aceh Gelar Pelayanan KB Gratis


SIGLI --- ANN
Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi melakukan pelayanan KB gratis untuk masyarakat.

Kegiatan itu digelar di Puskesmas Ujung Rimba, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie, Kamis (23/01/2020). Pelayanan KB ini kerjasama pihak Provinsi Aceh dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB)Pidie. Ditambah petugas medis dan tenaga lainnya di Puskesmas setempat.

Nurzikra Hayati, Kepala Bidang KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan KB Nasional Provinsi Aceh kepada media mengatakan, Pidie yang pertama disamperin untuk program KB ini.

"Kami siap turun ke desa untuk melaksanakan program KB dibutuhkan," katanya. Ini Programnya Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga Undang-undang No 52. Pelayanan program KB bagaimana apseptor KB mendapatkan pelayanan ini.

Ini diprioritaskan metode kontrasepsi jangka panjang. 2019 belum tercapai pelayanan akseptor KB baru.

Sebetulnya masih ada image peserta belum tahu apa fungsi KB. Didapatkan informasi KB bukan membatasi tapi mengatur jarak kelahiran. "Kalau orang Aceh bilang Poh Bijeeh. Ini salah," katanya.

Maka itu pelayanan KB ini juga melibatkan stake holder lainnya seperti ulama. Selama ini masyarakat bisa menerima apa disampaikan oleh ulama. "Jadi ini pelayanan rutin. Pidie yang pertama. Kita akan samperin. Malah aspertor yang kita layani juga diberi transpor sesuai jarak lokasi," katanya.

Seorang akseptor KB mendapat pelayanan KB di Puskesmas Ujung Rimba, Kecamatan Mutiara Timur, Pidie yang digelar BKKBN Provinsi Aceh dan DP3AKB, Kamis (23/1/2020).

Sekretaris DP3AKB Pidie, Husin Yahya SAg di Puskesmas Ujung Rimba juga mengatakan, target ada 40 warga dilayani. Jumlah ini meliputi warga di 13 gampong kemukiman setempat.

Berikutnya dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan serupa di Puskesmas Indra Jaya Caleu. "Kita harapkan bantuan semua pihak sehingga program KB seluruh daerah berjalan maksimal," pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.