Header Ads

BEM-FP UNIMAL LHOKSEUMAWE LAKSANAKAN SEMINAR ONLINE NASIONAL SEKTOR PERTANIAN.


LHOKSEUMAWE- ANN
Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh (BEM-FP Unimal) melaksanakan kegiatan Seminar Online Nasional Pertanian Millenial 2020 dengan tema "Peran Sektor Pertanian dan Perikanan di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat" yang dilaksanakan pada hari jumat (01/05/2020) secara daring dan diikuti oleh lebih dari 150 peserta yang berasal dari berbagai Institusi yang ada di Indonesia.

Peserta seminar online nasional ini juga di ikuti oleh Staf Ahli Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Duta Petani Milenial,Distambun Aceh,Distambun Aceh utara,Akademisi Dan masyarakat.

Seminar ini di pandu oleh dua moderator yaitu Abdul Hamid selaku demisioner Ketua Bem Fp Unimal dan Ahmad Bukhori Hasibuan yang merupakan salah satu Duta Fakultas Pertanian Unimal.

Adapun pemateri dari kegiatan ini diisi oleh Anggota DPR-RI komisi IV Muslim,SHI.MM, yang menyampaikan bahwa dalam pengembangan sektor pertanian dibutuhkan dukungan serta kerjasama semua pihak.
"Peran semua pihak khususnya Pemerintah sangat diperlukan di masa sekarang ini, dikarenakan harus mendorong suplai pangan agar tidak terjadi kekosongan stok makanan bagi masyarakat".
Kesempatan selanjutnya diberikan kepada Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, dalam kesempatan ini beliau mengharapkan kepada masyarakat khususnya Aceh Utara agar mau bersama-sama membangun pertanian menjadi sumber pendapatan bagi mereka sendiri.

"Kita mengharapkan peran semua pihak baik khususnya kaula muda agar mau bersama-sama peduli terhadap pengembangan sumberdaya alam kita. Kemudian kita bisa melakukan UMKM yang perannya di gerakkan oleh anak-anak muda kita".
Sesi pemateri ditutup oleh Duta Petani Milenial yang baru-baru saja di lantik oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia yaitu Graha Abadi Pasyaman,S.P. Beliau mengungkapkan kunci pembangunan sektor pertanian sepenuhnya akan maju jika kaum milenial mau terlibat di dalamnya.
"Sekarang adalah masanya bagi anak muda atau kaum milenial untuk berkembang dan maju. Jangan terlalu mengharapkan Pemerintah karna kita selaku anak muda yang memiliki segudang inovasi. Itulah yang seharusnya dikembangkan agar apa yang kita harapkan bersama khususnya pembangunan pertanian Indonesia akan kembali berjaya".

Ketua BEM-FP Unimal Muhaimin Syukur menyatakan sangat bangga atas terselenggaranya acara ini dengan sukses.
"Alhamdulillah acara Seminar Online Nasional ini bisa berjalan dengan lancar dan besar harapan kami dengan hadirnya kegiatan ini bisa menjadi acuan pemerintah dalam menangani berbagai permasalahan pertanian ditengah wabah virus covid-19 seperti diantaranya menurunnya harga jual komoditas pertanian dan perikanan.
Muhaimin melanjutkan...
"Adapun tema yang kita angkat pada kesempatan kali ini merupakan bentuk kepedulian kami dari pengurus BEM-FP Unimal terhadap berbagai permasalahan pertanian dan perikanan yang terjadi di Indonesia khususnya ditengah wabah virus covid-19".

Sementara itu secara terpisah, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Dr.Ir Mawardati,M.Si mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswanya ini.
"Sebagai pimpinan Fakultas Pertanian Unimal tentu saya memberikan apresiasi kepada BEM-FP Unimal yang sudah melaksanakan acara seminar nasional tersebut dengan sukses. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada para pemateri yg sudah meluangkan waktu untuk mengisi acara ini dan terimakasih juga kepada seluruh peserta baik dari dalam Unimal maupun dari luar Unimal yang sudah ikut berpartisipasi untuk menyukseskan acara ini".
Beliau menambahkan...
"Yang terpenting dari semua rangkaian kegiatan ini adalah kita dapat mengambil manfaat dari kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan, wawasan dan pelajaran untuk diaplikasikan dilapangan".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.