Header Ads

Bupati Aceh besar Ir.Mawardi Ali Terus Upayakan Roda Perekonomian Masyarakat


KOTA JANTHO - ANN
Wabah virus corona atau Covid-19 masih terus merebak di dalam negeri. Untuk itu, Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali terus mengupayakan roda perekonomian masyarakat di daerahnya selalu menjadi utama diperhatikan ditengah pandemi sekarang ini.

"Pemerintah telah memberi imbauan dan ajakkan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjaga jarak dengan orang lain atau social distancing," kata Ir Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar, kepada media ini, Kamis (7/5/2020).

Dalam situasi wabah Covid-19 ini, katanya, bukan hanya menganggu perekonomian negara juga mengganggu mata pencaharian masyarakat. Hal inilah yang menjadi perhatian pemerintah agar masyarakat tetap memiliki pendapatan dan terbantu dari sisi ekonomi.

“Selaku kepala daerah. Makanya kami meminta masyarakat agar dapat melaksanakan kegiatan seperti biasa, namun tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Ir Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar.

Bupati Mawardi Ali mengatakan, ada tiga dampak yang harus diperhatikan di tengah wabah ini, diantaranya dampak kesehatan, sosial dan ekonomi. Dampak kesehatan, pemerintah mengantisipasi dengan berbagai upaya. Selain menangani orang yang terpapar, juga termasuk pentingnya memakai masker, cuci tangan, jaga jarak sosial dan jarak fisik, hingga penyemprotan disinfektan ditempat-tempat umum.

Selain itu, dampak sosial telah diantisipasi dengan pemberian sembako kepada masyarakat Aceh Besar maupun pasar murah yang sedang berlangsung di daerah itu. Pasar murah yang digelar di setiap kecamatan, selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Selanjutnya, antisipasi dampak ekonomi. Beberapa langka yang diberikan Pemkab Aceh Besar untuk meringankan masyarakat seperti gratis bajak sawah dan bibit merupakan salah satu program pemerintah daerah di tengah pandemi ini bagaimana membantu masyarakat untuk bisa bangkit dan tidak makin terpuruk di tengah wabah.

"Kami juga meminta pelaku UMKM agar dapat meningkatkan kreatifitasnya sesuai kebutuhan di tengah pandemi agar produk yang di buat dapat di terima pasar dan laku terjual," kata Bupati.

Lebih jauh, Bupati Mawardi Ali, menerangkan pihaknya juga meminta seluruh stakeholder, para masyarakat yang mempunya ekonomi baik agar dapat membeli produk-produk dari masyarakat Aceh Besar, agar perputaran uang tidak keluar dari Aceh Besar. “Kepada mereka yang mampu sebaiknya belanja produk lokal, saatnya beli punya sendiri dan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kita sendiri,” demikian Ir H Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.