Header Ads

Bappeda Pidie Telah Selesai Laksanakan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2020


Pidie – ANN
Pemerintah Kabupaten Pidie melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah menuntaskan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kecamatan, dari 23 kecamatan semuanya telah selesai melaksanakan Musrenbang.

Musrenbang merupakan instrumen proses perencanaan pembangunan yang di mulai dari tingkat Gampong, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.


Suasana Musrenbang di Kecamatan Delima
Musrenbang kecamatan yang laksanakan adalah suatu kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam proses perencanaan pembangunan Kabupaten Pidie kedepan, hal ini disebabkan karena momentum musyawarah ini dapat dijadikan titik awal dalam merumuskan berbagai konsep pembangunan sehingga mampu menyahuti seluruh kebutuhan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan dimaksudkan untuk memfasilitasi penyampaian aspirasi masyarakat di wilayah kecamatan kepada Pemerintah Kabupaten Pidie dan penyusunan prioritas usulan kegiatan Pembangunan di wilayah Kecamatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021.
Suasana Musrenbang di Kecamatan Peukan Baro
Bappeda Kabupaten Pidie selaku stakeholder yang bertanggung jawab dalam seluruh rangkaian penyusunan RKPD kabupaten Pidie memfasilitasi pelaksanaan musrenbang kecamatan yang dimulai pada Senin 2 Maret 2020 di Kecamatan Peukan Baro dan kecamatan lainnya sampai dengan Senin 9 Maret 2020  diakhiri  di Kecamatan Delima.

Pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan dihadiri oleh Tim Bappeda Kabupaten Pidie dan Gabungan dari Perwakilan SKPK yang terbagi dalam 4 kelompok.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dapat dirincikan sebagai berikut :

Hari Senin tanggal 02 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Peukan Baro, Tiro/Truseb, Mutiara Timur dan Kembang Tanjong.
Hari Selasa tanggal 03 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Batee, Pidie,  Titeue dan Keumala.
Hari Rabu  tanggal 04 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Mila, Mutiara, Simpang Tiga dan Indrajaya.
Hari Kamis  tanggal 05 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Mane, Tangse, Sakti dan Geumpang.
Hari Jum’at tanggal 06 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Glumpang Tiga, Padang Tiji, Muara Tiga dan Grong – Grong.
Hari Senin tanggal 09 Maret 2020, musrenbang dilaksanakan secara serentak di Kecamatan Kota Sigli,  Glumpang Baro dan  Delima.
Kabupaten Pidie terbagi kedalam 23 Kecamatan, 731 Gampong dan 94 Kemukiman serta memiliki berbagai potensi dan sumberdaya ekonomi yang cukup besar, potensi-potensi ekonomi yang kita miliki belum sepenuhnya memberikan manfaat secara optimal khususnya bagi pengembangan perekonomian masyarakat.


Suasana Musrenbang di Kecamatan Glumpang Tiga
Oleh karena itu, kebijakan pengembangan ekonomi masyarakat senantiasa harus mengedepankan pemanfaatan sumberdaya lokal, sehingga pembangunan ekonomi kerakyatan benar-benar meningkatkan kesejahteraan sekaligus dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pidie.ADV

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.