Header Ads

Di Duga Tak Layani Pasien, Ombudsman Sidak RSIA


Banda Aceh - ANN
Ombudsman RI Perwakilan Aceh kembali melakukan Inspeksi Mendadak. Sidak kali ini dilakukan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh pada Rabu (24-6-2020) sore.

Tim sidak yang dipimpin langsung oleh Kepala Ombudsman Aceh Dr. Taqwaddin Husen ditujukan ke ruang Onkology rumah sakit berplat merah tersebut.

"Kami dapatkan laporan dari masyarakat, bahwa dokter spesialis Onkology tidak melayani pasien. Mendapatkan laporan tersebut kami langsung sidak ke lokasi untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat" sebut Taqwaddin.

"Setelah kami cek, dokter tersebut melayani pasien di ruang yang lain. Karena ruang poli Onkology Air Conditionere (AC) rupanya tidak hidup. Sehingga harus pindah ruang, bukan tidak melayani" tambahnya.

Hal ini dilakukan oleh pihak Ombudsman setelah mendapat laporan dari masyarakat dari luar Banda Aceh yang sedang berobat ke Rumah Sakit Ibu dan Anak tersebut.

Tim Sidak kebetulan diterima oleh Wakil Direktur RSIA yaitu Ichwanul Fitri M.Kes beserta beberapa pejabat lainnya.

Ichwan menyebutkan bahwa ruang tersebut akan segera di perbaiki AC nya demi kenyamanan pasien yang berobat dan para medis yang melayani.

"Kami akan segera memperbaiki AC tersebut, selama ini terkendala dengan refocusing anggaran selama pandemi covid-19" jelas Ichwan kepada Tim Ombudsman yang langsung mengecek ke ruang Onkology.

"Insyaallah besok akan kami pasang AC yang baru demi kenyamanan pasien dan para medis yang bertugas di ruang tersebut" tambahnya.

Dr. Ismed yang merupakan satu-satunya Spesialis Onkology di rumah sakit tersebut mengatakan bahwa,  pelayanan kepada pasien tetap berjalan tanpa mengabaikan hak pasien. Namun dilakukan diruangan lain, karena ruangan tersebut suasananya sangat panas.

"Kita tetap melayani pasien seperti biasa, tapi kita pinjam ruang poli lain. Karena ruang poli Onkology AC nya tidak hidup, sehingga kondisinya sangat panas" jelas Dr. Ismed yang turut mendampingi Tim Sidak.

Ombudsman berharap, agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan maksimal. Walaupun dimasa pendemi, tentunya dengan mengutamakan protokol kesehatan.

"Kami berharap, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap dikedepankan. Apalagi masyarakat datang jauh-jauh dari luar kota untuk berobat ke Banda Aceh. Khususnya untuk masalah kesehatan Ombudsman melaksanakan sengan sistem Reaksi Cepat Ombudsman (RCO)" ungkap Taqwaddin.

"Selanjutnya, masalah AC ini kami menyarankan agar segera diperbaiki. Jangan menjadi kendala pelayanan gara-gara hal kecil seperti ini" pungkas Taqwaddin.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.