Header Ads

Tips 7 Postur Dalam berkendara Aman dan Nyaman

Banda Aceh - ANN
Disaat mengendarai sepeda motor, penting sekali memperhatikan postur berkendara, karena hal ini berkaitan langsung dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalanan.

Posisi berkendara yang tidak tepat dapat mengakibatkan proses menjalankan sepeda motor kurang maksimal terutama saat melakukan pengereman, berbelok, serta pengoprasian instrumen kelistrikan. Alhasil kondisi tersebut dapat menimbulkan potensi bahaya yang mengakibatkan kecelakaan.

Menurut Iskandar selaku Instruktur Safety Riding Honda dari PT. Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) selaku Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Aceh, ada 7 postur berkendara yang perlu di perhatikan ketika mengendarai sepeda motor yaitu :

Pertama Mata, Pandangan melihat jauh ke depan, kumpulkan seluruh informasi yang ada, agar memudahkan kita dalam mengantisipasi segala potensi bahaya di jalan.

Kedua Pundak ,posisi pundak yang rileks agar pengendara tidak mudah lelah.

ketiga Siku, sedikit di tekuk, ini berfungsi meredam guncangan yang di hasilkan oleh sepeda motor.

Keempat Tangan,  memegang bagian tengah dari masing - masing grip stang agar lebih mudah dalam mengoperasikan saklar di stang kemudi.

Kelima Pinggul, atur posisi duduk yang paling nyaman untuk memudahkan mengendalikan   sepeda motor.

Keenam, menjepit ringan bagian tangki sepeda motor atau tidak melewati bagian cover pelindung depan.

Dan Ketujuh Kaki , posisikan telapak kaki di atas pijakan depan, serta ibu jari menempel ringan pada tuas rem dan pedal gigi.

“Dengan memposisikan postur berkendara sesuai, maka diharapkan kita lebih siaga serta fokus dalam proses berkendara, hal ini penting sebagai langkah awal dalam mengantisipasi segala kemungkinan di jalan dan jangan lupa kemana pun perginya selalu ikuti protokol kesehatan dari pemerintah untuk #cari_aman,” Ujar Iskandar.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.