Header Ads

PETANI GAMPONG BLANG DALAM TUNONG NISAM ACEH UTARA TINGKATKAN HASIL PRODUKSI GABAH.

 


ACEH UTARA - ANN

Forum Komunikasi dan  Silaturahmi Petani Desa Aceh Indonesia (FOKUS-Padi) Bersama jajaran Babinkamtibmas Polsek Kecamatan Nisam Kabupaten aceh Utara Berikan Penyuluhan Tehnik Penyemprotan petisida racun pembasmi hama tanaman Padi dengan benar.


Sehingga para petani daerah itu setiap musim penanaman padi  tidak mengalami ke suliatan cara membasmi hama tanaman padi milik  nya sesuai yang dengan anjuran nya.Sabtu 15 Agustus 2020.


Ketua Fokus-Padi Aceh Tgk Munirwan S Hi mengatakan,Lewat tema Program Ketahanan pangan di masa pandemi covid 19 Fokus Padi,yang didukung sepenuhnya oleh PT. Bayer serta petro kimia dan Polsek nisam tersebut melakukan penyemprotan secara masal untuk tujuan memberi  pemahaman kepada para petani kusus nya yang ada di gampong  blang dalam kuta nisam menemui hasil yang baik.


"Hal ini kita lakukan hari ini demi menyelamatkan tanaman Padi milik Petani dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman Padi.  Selain itu kita juga menggelar pendampingan sosialisasi penanganan dan penyemprotan hama Wereng di lahan tanaman Padi, agar lebih produktif dimasa panennya," ungkap Tgk. Munirwan, S. Hi, selaku ketua FOKUS-Padi Aceh"


Penyuluh pertanian juga menjelaskan kepada Petani cara melakukan penyemprotan hama, membasmi penyakit dan obat yang digunakan untuk membasmi berbagai jenis hama yang menyerang tanaman Padi.


PT. Bayer sendiri menganjurkan agar penyemprotan dilakukan pada pagi hari  pukul 06.00-09.00 WIB dan sore pukul 15.00-18.00 WIB untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


"Apabila jadwal penyemprotan tidak dilakukan pada waktu ini maka penyemprotan yang dilakukan petani tidak maksimal dan kami juga menganjurkan untuk penyemprotan itu sendiri petani harus memakai ujung semprot yang medel kabut jangan model kipas agar hasil lebih maksimal," jelas Syafii koordinator lapangan Bayer indonesia.


Menurut ia hasil temuan dilapangan selama ini para petani penyemprotan Pesisida banyak yang belum tahu bagaimana cara yang sebenar nya untuk mbasmi hama tanaman padi,Jelas nya.


"kadang mereka gak tahu, apakah ini hama apakah ini penyakit maka hari ini kami bersama tim fokus Padi bekerja sama Polsek nisam juga memberi pengetahuan kepada petani yang bahwa tentang bagaimana caranya untuk meningkatkan hasil produksi yang akan datang,makanya saya ajarkan tentang tehnik penyemprotan ini.


Kapolsek Kecamatan Nisam Aceh utara Iptu Safaruddin melalui Babinkamtibmas gampong Blang dalam Tunong Mengatakan sangat mendukung program tersebut.


Menurut dia program penyuluhan untuk para petani perlu di kembangkan terus demi untuk peningkatan pendapatan hasil gabah yang bagus ketika panen nanti nya,jelas nya


" hari ini di kunjungi oleh Bayer dan fokus padi dalam rangka penyemprotan Padi milik warga dan respon daripada masyarakat bisa kita lihat bersama sekitar 50 orang yang hadir membawa alat-alat semprot, sehingga harapan kami dari Polri dan saya selaku babinkamtibmas menghimbau kepada masyarakat selalu semangat, kompak, dan tetap menjaga kesehatan didalam covid pandemi ini"


Muhibuddin selaku imam mukim bersama salah seorang tokoh masyarakat Gampong Blang dalam Tunong Haji Arfanuddin Abdulah mengapresiasi program tersebut,pasal nya dengan ada nya penyuluhan seperti ini tentu nya kedepan para petani semakin bermutu dan kualitas pendapatan hasil panen nanti  semoga sesuai yang di target pendapatan nya semakin meningkat.

" sangat bagus kita sangat mengapresiasi kepada Bayer indonesia yang ada di aceh utara,juga Jajaran kapolsek,serta Fokus-padi aceh yang selalu siap dalam membangkitkan gairah para petani yang ada di kawasan nisam ini"

Penulis (Munawir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.