Header Ads

Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak DTPK Dinkes Aceh Berikan Pengobatan Gratis Di Tanse Pidie



Pidie – ANN

Tim Kesehatan Bergerak Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) Dinas Kesehantan Aceh turun dan memberikan pengobatan grtasis kepada masyarakat Kabupaten Pidie yaitu di pedalaman Gempang dan Tangse, akhir November 2020 lalu.

Di tangse, tim yang dikoordinir Dinas Kesehatan Aceh turun ke gampong Polo Senong, dusun Blang Rimeh, Kecamatan Tangse, dan membuak pos pelayanan kesehatan selama dua hari di gampong tersebut.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Ada juga dokter spesialis obgyn dan spesialis penyakit dalam yang didatangkan dari RSUD setempat untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga di Kecamatan tersebut.

Disisi lain, tim kesehatan dari Dinkes Aceh dan bidan Puskesmas setempat itu juga melakukan pemeriksaan atau skrining faktor risiko penyakit tidak menular yang terkena darah sewaktu dan pemeriksaan kolesterol pada wwarga setempat.

Koordinator Program Pelayanan Kesehatan Bergerak Dinas Kesehatan Aceh, dr.Rais Husni Mubaraq menjelaskan tim kesehatan bergerak membawa sejumlah dokter spesialis seperti dokter spesialis anak, dokter spesialis THT, dokter Gigi kegiatan.

Kegiatan DTPK dilaksanakan setiap tahunya diseruha pedalaman Aceh yang kebetulan tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Pidie. Kegiatan ini melibatkan lintas program kesehatan gizi, ibu dan anak dan penyakit tidak menular juga dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) setempat.

Pengobatan gratis disana mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Warga yang berobat berasal dari sekitar gampong pengobatan. Masyarakat tampak antusias memerikasa kesehatanya yang diberikan secara cuma-cuma oleh tim DTPK.

Masyarakat sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada mereka.

Di lokasi baksos, tim promosi kesehatan atau ikut membagi-bagikan masker merah putih yang bertuliskan jangan kendor pakai masker pada masyarakat yang datang berubat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan kampanye nasional pertama yang memutus rantai penularan covid 19 berupa cuci tangan denagn benar dan pakai masker terbukti efektif mencegah penyakit menular seperti covid 19.(ADV)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.