Header Ads

Ini Penyebab Listrik Padam di Sebagian Aceh Hari ini.


Banda Aceh  – ANN


Pasokan arus listrik untuk sebagian wilayah Aceh terutama sebagian wilayah kerja Meulaboh dan sebagian Banda Aceh mengalami pemadaman pada Jumat malam (19/3/2021), pukul 21.38 WIB. 


Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh, T. Bahrul Halid mengatakan, akibat PLTU Nagan Raya terganggu mengakibatkan terjadinya pemadaman disebagian Aceh. 


Bahrul menuturkan gangguan itu terjadi pada sistem pembangkit di Nagan 1 dan 2. 


"Terjadi gangguan pada Internal utility di pembangkit Nagan, hal ini membuat sebagian Aceh berimbas, namun saat ini sedang dilakukan penormalan secara bertahap ", kata Bahrul. 


Bahrul menjelaskan, Sistem Transmisi mengalami hunting sehingga relay Under Voltage Load Shading (UVLS) bekerja untuk menjaga kestabilan Sistem utama tetap bertahan dengan mengurangi sebagian beban secara bertahap, hal ini penting supaya tidak terjadinya Black Out (padam total) di Aceh. 


Ia menambahkan,  kondisi saat ini berangsur normal dengan memaksimalkan PLTMG Arun dan pembangkit-pembangkit tenaga Diesel lain yang ada di Aceh. 


"Pada jam 21.41 WIB, kondisi pembangkit kembali normal dan pasokan arus listrik kembali kita salurkan secara bertahap. Tidak bisa sekaligus menghindari terjadinya padam meluas, bila hal tersebut terjadi lagi maka akan lama untuk penormalan kembali", katanya. 


"Saat ini tim teknik kami di PLTU Nagan terus bekerja untuk segera melakukan penormalan secara menyeluruh, kami mohon bersabar dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya", tutupnya. (MJ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.