Iklan

Category 2

Gelar New Safari Ramadhan, ASN Biro Adpim Setda Aceh Gotroy di Masjid Istiqamah Aceh Besar

4/10/22, Minggu, April 10, 2022 WIB Last Updated 2022-04-10T09:19:11Z

JANTHO – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Aceh, menggelar rangkaian acara New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang dimulai dengan gotong royong membersihkan areal Masjid Istiqamah, di Gampong Krueng Mak, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu (9/4/2022).

Selain bersih-bersih Masjid, bersama masyarakat sekitar, para ASN juga melakukan penanaman pohon di selingkar masjid. Rangkaian acara tersebut dilanjutkan petang ini dengan menggelar buka puasa bersama. Acara New Safari Ramadhan 1443 H itu diakhiri dengan tausiyah Ramadhan,seusai shalat tarawih dan witir berjamaah di Masjid tersebut.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, kegiatan yang digelar para ASN Biro Adpim Setda Aceh ini merupakan bagian dari kegiatan New Safari Ramadhan ASN di jajaran Pemerintah Aceh tahun 2022, yang dilepas secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, beberapa waktu lalu. “Hari ini, secara serentak seluruh Tim New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang telah dilepas oleh Pak Sekda beberapa waktu lalu, mulai melakukan berbagai kegiatan Safari Ramadhan di 54 Masjid, di seluruh Aceh. Kebetulan lokasi Safari Ramadhan Biro Adpim di Masjid Istiqamah ini,” ujar Iswanto.

“Terhitung sejak pagi hingga jelang Dzuhur kita mengelar gotong royong membersihkan bagian dalam Masjid, pekarangan Masjid dan menanam pohon di areal Masjid. Sedangkan sore hari, kita akan menggelar buka puasa bersama dengan masyarakat sekitar dan dilanjutkan dengan ceramah Ramadhan serta Shalat Tarawih berjama’ah,” sambung Iswanto seraya menambahkan, interaksi antara ASN dengan masyarakat pada kegiatan gotong royong dan buka puasa bersama di New Safari Ramadhan tahun ini sangat penting sebagai sarana menjalin silaturrahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.

“Berbeda dengan pelaksanaan Safari Ramadhan sebelumnya yang hanya datang dan menyerahkan bantuan, New Safari Ramadhan 1443 Hijriah memang bertujuan agar seluruh ASN jajaran Pemerintah Aceh terlibat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk menjalin silaturrahmi dan memperkuat ukhuwah Islamiyah antar sesama ,” tutur Iswanto.

Sebagaimana diketahui, Tim New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh yang terdiri dari jajaran Satuan Kerja Perangkat Aceh, Bank Aceh Syariah dan Bank Mustaqim Aceh, telah memulai rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1443 Hijriah Pemerintah Aceh, yang tahun ini mengusung tema Gerakan Masjid Bereh, di 54 Masjid di 23 kabupaten/kota se-Aceh. “Sesuai pesan Pak Sekda, para ASN Pemerintah Aceh ingin menggaungkan Gerakan Bereh, fokus utamanya adalah pemeliharaan kebersihan Masjid karena hal ini penting agar jama’ah merasa khusyuk dan nyaman saat beribadah, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan lainnya,” kata Iswanto

Komentar

Tampilkan

Terkini

Aceh

+