Iklan

Category 2

Dishub Aceh Karna Lonjakan Wisata Pantau Kesiapan Pelabuhan

5/06/22, Jumat, Mei 06, 2022 WIB Last Updated 2022-05-06T15:31:33Z

BANDA ACEH – Lonjakan pengguna jasa transportasi penyeberangan tidak hanya terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue, tapi diprediksi akan terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang. Hal ini disebabkan banyaknya wisatawan usai berlibur kembali ke Banda Aceh.

Guna memastikan pelayanan transportasi berjalan dengan baik, Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal bersama Kepala Badan SAR Nasional Provinsi Aceh, Budiono dan Kepala PT Jasa Raharja Aceh, Regy S Wijaya memantau kesiapan petugas serta fasilitas Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang, Kamis, 5 Mei 2022.

Dalam tinjauan ini, Faisal menyebutkan ada 7000-an wisatawan yang tiba di Sabang sejak hari kedua lebaran Idul Fitri. Makanya, kesiapan Pelabuhan Balohan dalam mengantisipasi arus balik wisatawan harus benar-benar diperhatikan.

“Jumlah ini terus bertambah dari hari ke hari,” sebut Faisal.

Faisal menambahkan, sejak mudik diperbolehkan oleh pemerintah, persiapan ekstra dan cepat perlu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun perjalanan wisata. Salah satunya, sebutnya lagi, adalah membangun kolaborasi dan koordinasi yang intens dengan seluruh stakeholder yang terlibat dalam sektor transportasi.

“Kolaborasi sangat penting agar perjalanan masyarakat tidak terganggu,” ujarnya.

Persiapan menghadapi lonjakan penumpang di Pelabuhan Balohan sendiri telah dilakukan Dishub Aceh bersama Dishub Kota Sabang. Sebanyak 9 personil Dalops Dishub Sabang telah dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan.

Kadishub Kota Sabang diwakili oleh Agustiar, Kepala Bidang Laut dan Udara, mengungkapkan bahwa pihaknya memprediksi kedatangan wisatawan ke Sabang menjelang akhir libur lebaran masih cukup tinggi.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, di hari Minggu (8/5) masih ramai. Apa lagi saat ini tidak ada lagi pembatasan perjalanan,” ujar Agus.

Pada tinjauan yang menggunakan kapal KN Kresna milik Basarnas ini, Kadishub Aceh bersama Kepala Basarnas Aceh, dan Kepala PT Jasa Raharja Aceh juga menyerahkan suplemen bagi petugas posko mudik lebaran yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Balohan. []

Komentar

Tampilkan

Terkini