• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Kementerian PANRB Tetapkan Pemerintah Aceh Salah Satu Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Terbaik

    5/12/22, Kamis, Mei 12, 2022 WIB Last Updated 2022-05-11T17:17:05Z

    BANDA ACEH – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan Pemerintah Aceh sebagai salah satu instansi yang masuk dalam Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh, Muhammad Iswanto melansir rilis dari Kementerian PANRB berdasarkan rapat pleno hasil verifikasi dokumen, Rabu, (11/5/2022).

    Iswanto mengatakan, Pemerintah Aceh ditetapkan ke dalam 51 instansi pengaduan pelayanan terbaik, setelah melewati tahap evaluasi dokumen pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik keempat, bersama dengan 50 instansi pemerintah lainnya di Indonesia.

    “51 instansi terbaik ini terpilih dari 434 proposal atau borang mandiri yang diperiksa dan dinilai, ” kata Iswanto.

    Sementara itu, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menyampaikan, prosedur penilaian sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi tersebut.

    Diah menyebutkan, peserta terbaik tersebut terdiri dari beberapa kategori, yaitu, enam peserta dari perwakilan Instansi Pemerintah (IP) untuk kriteria Outstanding Achievement, 30 peserta merupakan perwakilan dari IP Umum, dan 15 peserta merupakan perwakilan dari Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP).

    “Adapun dalam menentukan peserta terbaik untuk kategori IP Umum dan UPP, Tim Penilai Dokumen memperhatikan perimbangan komposisi dari aspek keterwakilan masing-masing jenis instansi peserta kompetisi, ” kata Diah.

    Lebih lanjut Diah menjelaskan, 51 peserta terbaik tersebut akan masuk ke dalam tahap evaluasi lanjutan/wawancara. Penilaian lanjutan terhadap 51 peserta ini adalah presentasi, wawancara, dan observasi lapangan jika dibutuhkan. Presentasi dan wawancara dilakukan dalam waktu bersamaan di hadapan panel Tim Evaluasi, yang direncanakan akan dilaksanakan mulai 23 Mei 2022.

    Sebagai informasi, tahap presentasi dan wawancara ini bertujuan memperdalam aspek yang berkaitan dengan inisiatif yang diajukan dan capaian dalam setiap aspek pengaduan pelayanan publik sesuai dengan kriteria penilaian pada komponen substansi.

    “Berbeda dari tahun sebelumnya, kolaborasi penyelenggaraan kali ini dilakukan oleh Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia, ” ujar Diah.

    Daftar Top 51 Peserta Terbaik

    a. Kategori Outstanding Achievement

    1. Pemerintah Kabupaten Demak
    2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
    3. Badan Pengawas Obat dan Makanan
    4. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
    5. Pemerintah Kabupaten Sleman
    6. Pemerintah Kota Banjar Baru

    b. Kategori Instansi Pemerintah

    1. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
    2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
    3. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan TeknologiRepublik Indonesia

    4. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
    5. Kementerian Keuangan
    6. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
    7. Badan Riset dan Inovasi Nasional
    8. Badan Kepegawaian Negara
    9. PT Pertamina (Persero)
    10. Pemerintah Provinsi Bali
    11. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
    12. Pemerintah Provinsi Aceh
    13. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
    14. Pemerintah Kota Mojokerto
    15. Pemerintah Kota Batam
    16. Pemerintah Kota Mataram
    17. Pemerintah Kota Kediri
    18. Pemerintah Kota Denpasar
    19. Pemerintah Kota Pontianak
    20. Pemerintah Kota Surabaya
    21. Pemerintah Kota Ambon
    22. Pemerintah Kabupaten Gowa
    23. Pemerintah Kabupaten Malang
    24. Pemerintah Kabupaten Muara Enim
    25. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan
    26. Pemerintah Kabupaten Tangerang
    27. Pemerintah Kabupaten Sumedang
    28. Pemerintah Kabupaten Ciamis
    29. Pemerintah Kabupaten Banjar
    30. Pemerintah Kabupaten Agam

    c. Kategori Unit Pelayanan Publik

    1. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
    2. Kantor Pertanahan Kota administrasi Jakarta Timur – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
    3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai – Kementerian Keuangan
    4. Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado
    5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
    6. Direktorat Registrasi Pangan Olahan – Badan Pengawas Obat dan Makanan
    7. Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang
    8. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau
    9. Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Provinsi Bali
    10. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak
    11. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang
    12. Inspektorat Daerah Kabupaten Malang
    13. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai
    14. RSUD Bendan Kota Pekalongan
    15. Puskesmas Janti Kota Malang. [•]

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini