• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, Disdik Dayah Gelar Acara Pengabdian Santri

    3/29/24, Jumat, Maret 29, 2024 WIB Last Updated 2024-03-29T04:14:24Z




    Lhoksemawe- Dalam rangka menyemarakkan syiar menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Pemerintah Aceh melaksanakan program Safari Ramadhan di sejumlah Mesjid Kabupaten dan Kota di Aceh.

    Satuan Kerja Pemerintah Aceh unit kerja Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Dr Munawar A Djalil MA pada Kamis (28/3/2024) melakukan serangkaian acara yang terpusat di Mesjid Islamic Center Kota Lhoksemawe diantaranya penanaman pohon dilingkungan Mesjid, buka puasa bersama, ceramah ramadhan, shalat tarawih bersama dan penyerahan cinderamata dari masing-masing SKPA. 

    Selain itu, Dinas Pendidikan Dayah Aceh juga melaksanakan program pengabdian santri terhadap masyarakat pada bulan ramadhan. Pada kegiatan tersebut, kami memfasilitasi sejumlah santri untuk beraktivitas pada sejumlah Mesjid di berbagai kecamatan yang ada di Kota Lhoksemawe. Hal ini disampaikan oleh Kadisdik Dayah Aceh Dr Munawar A Djalil MA di komplek Mesjid Islamic Center Kota Lhoksemawe pada Kamis, 28 Maret 2024.

    Munawar menjelaskan bahwa Program Santri Saweu Gampong ini sebagai upaya santri memakmurkan mesjid. Santri yang berjumlah 50 orang nantinya akan ditempatkan pada setiap mesjid. Mereka akan beraktivitas untuk membersihkan mesjid, menjadi muazzin, tadarus al-quran dan berbagai kegiatan positif lainnya. 

    Program ini bertujuan untuk kesucian kita dalam beribadah di Mesjid. Selama ini masih ada kita melihat tempat wudhu' yang berdekatan dengan tempat buang air sehingga menyangsikan kita mengenai kesucian dalam melaksanakan ibadah kepada Allah. Maka kami mengharapkan kepada santri-santri yang sudah mendapatkan ilmu tentang Bab kesucian ini untuk dapat mentransfer ilmu kepada masyarakat setempat, ajak Munawar. 

    Mesjid yang menjadi tempat perkampungan dan pengabdian santri saweu gampong di kota Lhokseumawe yaitu, Mesjid Islamic Center, Mesjid Nurul Yaqin Banda Sakti, Mesjid Mawaddah Batuphat Timur dan Mesjid Jabal Nur Paya Punteut Muara Dua. 

    Dr Munawar MA yang menjadi penceramah di Mesjid Islamic Center Lhoksemawe menyampaikan salam dari Bapak Pj Gubernur Aceh Bustami SE, M.Si. 

    "Salam hangat beliau kepada kita semua, agar dapat beribadah dengan nyaman dan tenang dibulan yang penuh berkah ini. Beliau berpesan agar kita semua dapat menjaga kebersamaan, merajut ukhuwah islamiyah dan itu dengan sendirinya akan menutupi segala kekurangan yang ada," ungkap Munawar. 

    Selain itu, dalam ceramahnya Munawar menyampaikan agar keshalehan spiritual kita berbanding lurus dengan kesalehan sosial kita. Bagaimana keseharian kita dengan saudara, sikap kita dengan tetangga, saling tolong menolong dan saling sayang menyayangi. Apalagi di bulan puasa yang penuh berkah ini, saling berbagi dengan yang membutuhkan adalah nilai ibadah yang sesungguhnya.

    Adapun SKPA yang melaksanakan Safari Ramadhan Pemerintah Aceh di Kota Lhoksemawe diantaranya Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Satpol PP dan WH, RSUDZA, RSJ, MPU, MAA dan Sekwan DPR Aceh.[]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini