Header Ads

Tips Persiapan Berkendara Saat musim hujan


Banda Aceh I ANN

Musim penghujan telah tiba, namun padatnya aktifitas mengharuskan kita untuk tetap berkendara seperti biasanya. Saat kondisi hujan ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan persiapkan agar perjalanan kita lancar sampai ketujuan, karena berkendara dimusim hujan tentu saja berbeda dengan kondisi kering.

Instruktur Safety Riding dari PT. Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda), Tomi menyampaikan bahwa selain lebih ekstra menjaga kesehatan berkendara, pada musim hujan ini kita harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi faktor penyebab kecelakaan terlebih yang berasal dari lingkungan. 

Untuk itu terdapat 4 tips persiapan berkendara saat musim hujan yaitu :

1. Siapkan Kendaraan

Sebelum berkendara kita harus pastikan sepeda motor dalam kondisi prima, cek alur dan tekanan ban dalam keadaan baik untuk mencegah tergelincir, kemudian perhatikan kondisi instrumen kelistrikan terutama lampu yang membantu jarak pandang dan sebagai informasi keberadaan kita terhadap sekitar serta periksa keadaan rem dalam kondisi baik.

2. Persiapan Pengendara dan Penumpang

Pengendara dan penumpang harus selalu memakai perlengkapan Helm & Jaket, gunakan mantel tipe Baju dan Celana agar lebih leluasa dalam bergerak (manuver) serta gunakan alas kaki yang tidak licin. Pastikan pengendara menguasai medan jalan yang akan dilalui. Apabila hujan terlalu deras dan mengganggu jarak pandang, tundalah perjalanan anda sementara sampai hujan reda.

3. Teknik berkendara

Berkendara saat hujan identik dengan basah dan licin juga pasti mengurangi jarak pandang/visual. Sehingga aturlah kecepatan dan jaga jarak dengan kendaraan lain, untuk mengantisipasi tidak melakukan pengereman mendadak yang dapat menyebabkan ban tergelincir. Ketika melewati genangan air, disarankan lebih hati-hati karena kemungkinan bisa menyebabkan kendaraan mogok atau bahkan terperosok kedalam lubang. Selalu berhati-hati terhadap semua kemungkinan yang bisa terjadi.

4. Perhatikan Kebersihan Kendaraan

Setelah selesai dipakai, cucilah kendaraan yang kita gunakan saat hujan, selain agar tetap bersih hal ini juga bertujuan untuk menghindari korosi atau karat yang disebakan oleh zat asam dari air hujan tersebut.


“Semoga tips ini bermanfaat, tetap konsentrasi dan berhati-hati saat berkendara jangan lupa tetap #Cari_aman saat naik motor”, ujar Tomi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.