Header Ads

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali didampingi Wabup Tgk H Husaini A Wahab meresmikan Kantor Baru Baitul Mal


Kota Jantho I ANN

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali meresmikan Kantor Baru Baitul Mal Aceh Besar yang sebelum Kantor KPP Pratama Aceh Besar, di Kota Jantho, Selasa (29/12/2020).

Diawali dengan penyerahan bantuan hasil Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) dari ASN, Pengusaha, serta berbagai zakat dari pihak lainnya. Juga diserahkan bantuan berupa 45 unit rumah dhuafa, santunan hidup fakir miskin, dan modal usaha. Peresmian dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan penceramah Tgk H Husaini A Wahab Wakil Bupati Aceh Besar.

Pengunaan kantor baru Baitul Mal juga dilakukan peusijuk (tepung tawar-red) oleh Ketua MPU Aceh Besar, Tgk H Muksalmina AW, dan pemotongan pita oleh Bupati Mawardi Ali sebelum masuk kantor tersebut.

Sebelumnya, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar memberikan apresiasi kepada kantor Pajak Pratama yang telah mengizinkan pinjam pakai kantor untuk Baitul Mal Aceh Besar.

Dengan kantor baru tersebut, Bupati Mawardi Ali berharap kepada Baitul Mal untuk lebih bekerja maksimal untuk menggali ZIS baru dan menyerah kepada mereka yang berhak menerimanya. “Semoga amanah yang diberikan para pemberi zakat dapat terus dipertahankan, dan perlu respon cepat bagi yang membutuhkan Baitul Mal,” pintanya.

Dalam kesempatan itu, Mawardi Ali juga mengungkapkan bahwa dalam kurun waktu beberapa tahun mulai tahun 2017, angka kemiskinan di Aceh Besar memang tinggi yaitu 15 persen, ditahun 2018 turun menjadi 14 persen, 2019 menjadi 13 persen dan tahun 2020 menjadi 12 persen. “Kita berharap tahun ini meskipun ditengah pandemi Covid-19 juga bisa menurunkan angka kemiskinan," pungkas Mawardi Ali.

Kepala Baitul Mal Aceh Besar, Drs Zamri Arafat mengatakan Baitul Mal kabupaten Aceh Besar telah menyerahkan berbagai bantuan kepada kaum dhuafa baik dalam bentuk rumah, santunan untuk Fakir, Fakir Uzur dan modal usaha. “Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2020 dapat mengumpulkan ZIS sebesar Rp 16 Milyar, dan bantuan dari Baitul Mal Propinsi dalam santunan hidup fakir uzur untuk 1650 orang dan modal usaha untuk 111 orang, juga mencapai Rp 16 milyar,” ungkapnya.

Pihak Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar kedepan akan lebih berupaya untuk mengumpulkan lebih banyak lagi ZIS dengan pengarahan secara online. "Kami sudah menyiapkan sistem Informasi di Baitul Mal, dimana aplikasi tersebut untuk melayani masyarakat kabupaten Aceh Besar, maupun masyarakat Aceh besar yang berada diluar juga bisa menyalurkan ZIS secara jarak jauh," kata Zamri Arafat.

Hadir saat peresmian tersebut, Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, Unsur Forkopimda, Plt Sekdakab Aceh Besar Abdullah SSos, Kepala Baitul Mal Aceh, para asisten, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, serta para penerima bantuan.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.