Header Ads

LIBUR PANJANG USAI, ARUS BALIK DI JALAN RAYA PADAT

Banda Aceh I ANN


Arus balik masyarakat di jalan raya seusai liburan panjang tahun baru 2021 terpantau padat.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Ery Apriyono, S. I. K., M. Si,  dalam siaran persnya, Minggu (3/1/21) menyebutkan, hasil pantauan Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol. Dicky Sondani, S. I. K., M. H, pada malam minggu di Terminal Bus Batoh, Banda Aceh menunjukkan kenaikan penumpang bus sangat tinggi yang akan menuju ke Medan.

Demikian juga minggu pagi, banyak bus penumpang dari Medan yang turun di Banda Aceh cukup banyak membawa penumpang dari sana, sebut Kabid Humas. 

Lebih lanjut kata Kabid Humas, Ini menunjukkan masyarakat Aceh maupun masyarakat luar Aceh berangsur- angsur kembali dari liburan panjang, mengingat besok Senin  sudah masuk kerja lagi. 

Demikian juga kendaraan pribadi maupun sepeda motor yang menuju ke arah Medan atau balik ke arah Banda Aceh, cukup padat pada hari Minggu pagi 3 Januari 2021, jelas Kabid Humas. 

Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu siang hingga Senin pagi tanggal 4 Januari 202, sambung Kabid Humas. 

Selain itu, arus balik juga akan mengalami puncaknya pada hari Minggu siang dan Minggu malam, tutur Kabid Humas. 

Dalam hal ini, Dirlantas Polda Aceh menghimbau kepada masyarakat agar berupaya mengantisipasi gangguan selama perjalanan seperti kecelakaan lalulintas, kemacetan dan pelanggaran lalulintas, kata Kabid Humas. 

Penyebab Laka Lantas yg terbanyak di Aceh adalah kecepatan tinggi, faktor kendaraan, jalanan rusak, cuaca hujan dan mengantuk karena kelelahan  mengemudi, sebut Kabid Humas. 

Apabila mengantuk pengemudi kendaraan bermotor wajib istirahat supaya tidak terjadi kecelakaan lalulintas. cek dulu kendaraan sebelum perjalanan jauh, terutama rem dan ban, jelas Kabid Humas. 

Dalam mengatasi gangguan kamseltibcarlantas saat arus balik, Polda Aceh dan jajaran terus meningkatkan patroli, penjagaan dan pengaturan lalulintas dengan melibatkan  Sabhara, Satlantas, Brimob, TNI, Dishub, Dinas Kesehatan dan Sat Pol PP, kata Kabid Humas. 

Selanjutnya, kepada masyarakat Aceh yang pulang dari Medan, apabila mengalami gejala seperti gejala Covid-19, agar melakukan swab terlebih dulu supaya jelas sakitnya, kata Kabid Humas. 

Apabila positif lakukan isolasi diri atau berobat ke Rumah Sakit, jangan kembali kerja supaya tdk menularkan kpd yg lain, imbau Dirlatas yang dikutip Kabid Humas Polda Aceh. 



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.