Header Ads

Judul Iklan

Kapolda Aceh Berikan Materi Dalam Seminar Nasional Di UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Banda Aceh I ANN


Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil, yang diwakili Kabid Humas Kombes Pol. Winardy, S. H. S. I. K., M. Si, menyampaikan materi dalam seminar nasional yang digelar di Aula UIN-Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (22/3/21).


 Kapolda yang diwakili Kabid Humas dalam seminar itu menyampaikan materi berjudul " Inovasi teknologi informasi dalam membangun pendidikan  di era revolusi 4.0 pada masa pandemi Covid-19,".


Kabid Humas dalam pemaparannya, diantaranya menyebutkan bahwa dampak revolusi industri 4.0, menggantikan tenaga manusia dengan teknologi industri digital yang menyebabkan berkurangnya lapangan pekerjaan dan memunculkan pengangguran yang berdampak terhadap ekonomi dan sosial di masyarakat, jika tidak dikelola dengan baik. 


Selanjutnya terbukanya informasi dan pengetahuan secara luas dan cepat berdampak positif pada kemajuan pola pikir, budaya, sosial serta standar hidup di masyarakat, sambung Kabid Humas. 


Kemudian media sosial menjadi tren dalam pencarian informasi secara luas di masyarakat sehingga rentan dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menyebarkan berita bohong, menimbulkan kegaduhan, guna mencapai tujuan tertentu, ujar Kabid Humas. 


Lebih lanjut rentannya serangan siber, pencurian dan pembobolan data, serta tindakan kriminal siber lainnya jika tidak dilindungi dengan sistem keamanan yang solid, ucap Kabid Humas 


" Untuk menangkal itu, dikeluarkan undang-undang ITE dan polisi virtual sebagai pagar dalam menjaga arus informasi yang sehat," terang Kabid Humas. 


Polisi virtual adalah untuk menangkal penyebaran konten atau unggahan di media sosial yang melanggar UU No.11 tabun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE), sebut Kabid Humas. 


Kemudian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan undang-undang informasi dan transaksi elektronik (ITE), terang Kabid Humas. 


" Di dalam era industri 4.0, mahasiswa informatika dan komputer harus berani mengambil panggung dan lebih dominan dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam memajukan bangsa dan membangun negara," jelas Kabid Humas. 


Seminar nasional juga dihadiri pemateri lain dan diwarnai tanya jawab antara peserta dengan pemateri serta diakhiri dengan oto bersama, tutup Kabid Humas. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.