Header Ads

Dukung program pemerintah, Babinsa Dampingi pengrajin ikan asin

 

Aceh Besar -  ANN.co.id

Upaya mendukung program Pemerintah Daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pedesaan melalui berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM).

Babinsa Koramil 19/Leupung, Kodim 0101/ Aceh besar, Serda Syarifuddin mendampingi dan mambantu Pengrajin usaha ikan asin yang bertempat Desa layeun, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar, Sabtu, (12/6/2021). 

Kegiatan seperti ini merupakan rutinitas keseharian setiap babinsa dalam melakukan Komunikas Sosial (Komsos), serta membantu secara langsung dengan warga dan mitra karib yang berada di desa binaanya  tersebut.

Menurut Serda Syarifuddin (Babinsa), selama ini pengembangan kerajinan didasarkan dari potensi sumber daya alam musiman sebagai bahan baku yang tersedia, Sehingga industri pengrajin ikan asin dapat berkerja sesuai dengan kapasitas bahan baku yang mencapai 3 keranjang, atau 10 sampai 15 Kilo perhari nya.

Senada dengan itu Babinsa juga menjelaskan, Pembuatan ikan asin memang tidak terlalu sulit bagi yang sudah mahir seperti yang dilakukan buk Aminah adalah seorang pelaku UMKM, yang sampai saat ini sudah menyerap beberapa tenaga kerja  untuk membantu usahanya.

"Dengan adanya usaha Buk Aminah, dapat membantu beberapa orang masyarakat setempat dalam peluang lapangan kerja," tuturnya.

Terakhir Babinsa menambahkan, Ikan asin merupakan bahan makanan yang terbuat dari daging ikan, dengan pengolahan pengawetan  secara tradisional, dan saat ini masih menjadi kebutuhan yang diminati masyarakat luas, sehingga dalam pemasaran hasil usaha ikan asin buk Aminah sudah sampai ke luar daerah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.