Header Ads

Musim tanam tiba, Petani Blang bintang bersama TNI membersihkan Saluran tersier


Aceh Besar - ANN

 Dengan kondisi musim pada saat ini tidak menentu, dimana curah hujan sudah tidak relative sehingga pengairan pertanian murni mengandalkan pembagian suplai air dari induk irigasi ke saluran tersier yang berada disekitar persawahan masyarakat blang bintang.

Menanggapi hal itu warga kecamatan blang bintang dibantu oleh Anggota Koramil 21/ BB, Kodim 0101/Aceh Besar, melaksanakan gotong- royong bersama (Karya Bhakti) dalam rangka membersihkan saluran tersier, Senin (14/6/2021). Bertempat di Desa Teupin Batee Kecamatan Blang bintang, kabupaten Aceh Besar.

Pembersihan saluran tersier sepanjang 500 meter yang dilakukan secara Kerja bhakti. mengingat area persawahan di kecamatan tersebut sudah memasuki musim tanam padi pada tahun ini. 

Menurut Serma Iskandar Jaya (Babinsa) Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur dan sampah, sehingga terjadi pendangkalan saluran yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

“Pembersihan saluran tersier ini dilakukan untuk menunjang kelancaran air di wilayah persawahan yang ada di Desa,” Ungkap Serma Iskandar.

Ia juga menjelaskan apa yang kita lihat pada saat ini merupakan sebuah kegiatan masyarakat yang  dilakukan setiap tahunnya apa bila memasuki musim tanam tiba.

“Setiap musim tanam kita bersama masyarakat turun langsung ke Saluran tersier tersebut, untuk membersihkan dengan cara gotong-royong bersama, ini merupakan sebuah tradisi masyarakat yang sudah berlangsung sampai sekarang,” ujarnya.

Sementara itu di tempat terpisah Danramil 21/ Blang bintang, kapten Arh, Hamka Siregar, memberikan apresiasi kepada anggotanya yang telah  turut membantu masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan Gotong-Royong tersebut. 

Lebih lanjut Danramil menyatakan, Kerja bakti seperti ini sangat baik untuk terus dipertahankan karena akan turut Mempererat jalinan silaturahmi dan memupuk keakraban antara TNI dengan masyarakat.


“Dengan kerja bakti kita akan saling dekat dan dapat saling tukar pikiran. Serta bisa mempererat hubungan dan memiliki rasa kekeluargaan,” ucapnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.