Iklan

Category 2

BMKG Klimatologi Aceh Besar Selenggarakan FGD Sekolah Lapang Iklim Kakao Sabang

12/27/21, Senin, Desember 27, 2021 WIB Last Updated 2021-12-27T12:46:41Z
Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas IV Aceh Besar menyelenggarakan Forum Group Discussion  (FGD) Sekolah Lapang Iklim 2021 di Gedung TDMRC Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh pada Senin 27 Desember 2021.

Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan Forum Kakao Aceh tersebut diikuti 42 peserta yang terdiri dari Perhimpi, Aceh Climate Change Initiative, Duta Petani Milenial, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, dan Forum Paguyuban dan Pemuda Aceh. Serta juga produk cokelat Socolatte, Pengelola Coklat Kilometer Nol (Cokinol), CEO YAGI Natural, Dinas Pertanian dan Pangan Sabang, dan Dinas Perindustrian Perdagangan Sabang

FGD kali ini menghadirkan sejumlah narasumber, diantaranya Dr Saumi Syahreza  S Si M Si dengan judul "Kebencanaan Sabang", Dr Taufan Hidayat S Si M Si dengan judul "Kaitan Iklim Terhadap Tanaman Kakao", Prof Dr Ir Rina Sriwati M Si dengan judul " Hama Penyakit Tanaman Kakao", Ir Teuku Iskandar dengan judul " Strategi Pembangunan dan Pengembangan Kakao di Aceh Kedepan", serta peneliti BPTP Aceh Dr Ir H Basri A Bakar M Si.
Dijumpai media Aceh Nasional News, di sela-sela kegiatan FGD, Kepala Stasiun Klimatologi Aceh Besar Wahyudin SP MI Kom menjelaskan tujuan FGD yaitu untuk menggali permasalahan yang dihadapi sewaktu pelaksanaan Sekolah Lapang Iklim, ide dan inovasi kegiatan SLI kedepan.

"Melakukan identifikasi dan kolaborasi dalam kegiatan SLI dengan berbagai pihak untuk mendapatkan output SLI yang semakin bagus, " ujarnya.

Diharapkan dengan FGD ini petani semakin penduli dengan kondisi iklim ketika berkebun, dan dapat mensejahterakan petani cokelat di Sabang.[]
Komentar

Tampilkan

Terkini