Iklan

Category 2

BPBD Aceh Besar Inbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem Dan Siaga Bencana

12/22/21, Rabu, Desember 22, 2021 WIB Last Updated 2021-12-21T17:46:48Z
Aceh Besar
 - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar mengimbau kepada masyarakat setempat untuk selalu siaga bencana saat cuaca ekstrem angin kencang dan hujan dengan intensitas tinggi saat ini.

“Seiring pemberitahuan BMKG tentang adanya cuaca ekstrem di wilayah Aceh, kita harapkan masyarakat berhati-hati dan selalu siaga bencana,” kata Kepala BPBD Aceh Besar Farhan AP, di Aceh Besar, Selasa (21/12/2021).

Farhan juga meminta masyarakat untuk terus berhati-hati, terutama saat datangnya angin dan hujan deras sebisa mungkin tidak berteduh di bawah pohon karena rawan tumpang.

Dirinya menyampaikan, saat hujan deras dan angin kencang melanda sejumlah kawasan di Aceh Besar sejak kemarin, beberapa pohon dilaporkan tumbang baik di jalan nasional maupun di pedesaan.

“Beberapa rumah di Kecamatan Lhoong semalam tertimpa pohon tumbang. Dari tadi malam anggota sedang melakukan evakuasi, kita terus mendata apa saja dampak dari musibah ini,” ujarnya.

Farhan menyebutkan, jika datangnya cuaca ekstrem angin kencang dan hujan deras, semua wilayah dalam di Aceh Besar wajib siaga karena seluruh kawasan berpotensi terjadinya bencana.

Menghadapi cuaca ekstrem, lanjut Farhan, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan satuan kerja lain seperti badan jalan nasional guna membantu pembersihan jalan jika sewaktu-waktu terdampak bencana akibat hujan deras.

“Kepada anggota juga kita minta untuk selalu siaga memantau wilayahnya dari bencana sampai benar-benar dipastikan aman,” kata Farhan.

Dalam kesempatan ini, Farhan juga mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah jika adanya hujan dan badai guna menghindari musibah tertimpa pohon tumbang, petir dan bencana akibat cuaca ekstrem lainnya. []
Komentar

Tampilkan

Terkini