Iklan

Category 2

Ketum AHY Silaturahmi Bersama Insan Pers Tegaskan Perjuankan Dana Otsus

4/20/22, Rabu, April 20, 2022 WIB Last Updated 2022-04-20T03:04:56Z

Aceh Besar – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan, pihaknya akan terus memperjuangkan perpanjangan masa Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh.

“Tentu hal ini sangat disayangkan. Makanya kita akan terus memperjuangkan masa Dana Otsus Aceh,” kata Ketum AHY saat silaturahmi bersama insan pers dalam agenda safari ramadhan di Aceh, Selasa (19/4/2022).

Dijelaskan, sesuai dengan amanah perdamaian Aceh melalui Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh atau UUPA, bahwa alokasi dana Otsus Aceh pertama pada tahun 2008 dan akan berakhir hingga 2027.

Namun, kata dia, besaran dana Otsus yang diterima Aceh pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2022 ini sebesar 2% dari total Dana Alokasi Umum (DAU) Nasional melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

“Jadi, mulai 2023 hingga 2027 atau 5 tahun terakhir, besaran dana otsus Aceh akan berkurang menjadi 1% dari total DAU Nasional. Dan setelah itu, Aceh tidak lagi menerima bantuan keuangan tersebut, tetapi itu juga tergantung pada keuangan pendapatan negara,” jelas Ketum AHY.

Lebih lanjut, Ketum AHY menyebutkan, jika kondisi keuangan negara baik-baik saja, maka sudah pasti alokasi dana Otsus Aceh ini dapat ditingkatkan atau dipertahankan.

“Seperti di Papua, mereka berharap Dana Otsus bisa ditingkatkan menjadi 4%, tapi yang ada hanya 2,25%. Hal itu karena memang kemampuan negara hanya segitu, dan jauh dari harapan,” tutur Ketum AHY.

Kendati demikian, Partai Demokrat akan terus berikhtiar dan memperjuangkan perpanjangan masa dana Otsus Aceh ini. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat Aceh dapat direalisasikan, agar pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Aceh semakin membaik.

sumber : Nukilan


Komentar

Tampilkan

Terkini

Aceh

+