Iklan

Category 2

Taqwaddin Kunjungi Rumah Korban Bencana Badai

5/29/22, Minggu, Mei 29, 2022 WIB Last Updated 2022-05-29T15:58:02Z


Hujan dan angin badai yang menimpa kawasan Aceh Besar dan sekitarnya pada Minggu pagi 29 Mei 2022 telah merusak banyak atap rumah.


"Angin tadi pagi memang kencang sekali disertai dengan hujan lebat yang mengguyur beberapa daerah dalam kawasan Provinsi Aceh. 


Menurut info dari BMKG angin tadi mencapai kecepatan 107 km/jam. Kejadian seperti ini tidak biasanya. Ungkap Dr Taqwaddin, Ketua Dewan Pakar Forum Pengurangan Resiko Bencana (Forum PRB) Aceh.


Salah seorang korban dari bencana badai tadi adalah rumah yang dimiliki oleh salah seorang staf Pengadilan Tinggi Banda Aceh. 


Rumah yang terletak di Desa Lamhasan Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar tersebut sedang dalam proses pembangunan. 


"Rumah ini belum selesai Pak. Belum pun dipasang keramik, plafon, cat, dan lain-lain. Saya bangun pelan-pelan, sesuai kemampuan. Maklum saya hanya PNS Golongan II". 


Malam ini kami belum jelas mau tidur dimana, karena hampir semua atap sudah terbongkar diterbangkan badai. Demikian ungkap Mukhtar, sang pemilik rumah tersebut.


Dalam menghadapi atau menghadapi bencana diperlukan adanya upaya mitigasi pengurangan resiko bencana, baik yang bersifat struktural maupun kebijakan.


Terkait mitigasi struktural, diharapkan para pelaku pembangunan, termasuk para kepala tukang memahami resiko bencana terhadap bangunan yang dikerjakannya.


Saya melihat selain memang intensitas angin tadi yang luar biasa kencangnya, juga ada aspek konstruksi atap yang daya tahannya kurang kokoh. Ujar Dr Taqwaddin, yang juga Hakim Ad Hoc Tipikor pada Pengadilan Tinggi Banda Aceh.


Dalam kunjungan dadakannya ke rumah korban bencana badai tadi, Dr Taqwaddin didampingi oleh Muthmainnah, Kabag Perencanaan dan Risma, Kabag Kepegawaian Pengadilan Tinggi Banda Aceh.


"Kami turut prihatin atas musibah ini, apalagi ada anak yang masih balita. Semoga Pak Mukhtar sekeluarga tabah dan sabar menghadapi bencana ini", pungkas Taqwaddin seraya menyerahkan sedikit bantuan pribadi.

Komentar

Tampilkan

Terkini