• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Tips aman gunakan sepeda motor matic di jalan pegunungan

    8/15/25, Jumat, Agustus 15, 2025 WIB Last Updated 2025-08-15T05:03:13Z
    Berkendara jarak jauh melewati rute alam pegunungan tentunya menjadi salah satu aktifitas refreshing yang sangat menyenangkan bagi setiap penghobi motor, namun terkadang hal ini masih menimbulkan keraguan bagi pengguna sepeda motor jenis matic. Bayangan akan rute dengan tanjakan & turunan curam disertai jalanan yang berliku sering kali membuat pengendara merasa takut jika motor matic kurang aman digunakan.


    Walaupun secara umum diketahui jenis motor matic memang dirancang pabrik untuk penggunaan lingkungan perkotaan, namun untuk rute alam pegunungan yang tidak terlampau ekstrim penggunaan motor jenis matik masih cukup aman kok.” Ucap Sdr. Reza Novendri selaku Instruktur Safety Riding dari Capella Honda Aceh.  
    - Hal utama yang harus diperhatikan saat hendak menggunakan motor matic dengan melewati jalan pegunungan adalah soal performa & akselerasinya, dimana saat melewati berbagai rute tersebut kita sebagai pengendara harus bisa memastikan tenaga motor tidak kendur ( jaga momentum ), caranya dengan memutar gas secara halus dan bertahap, hindari melakukan akselerasi spontan karena berpotensi membuat putaran roda selip yang menyebabkan tenaga sepeda motor kendur sesaat. 


    - Yang tak kalah pentingnya yaitu dengan tidak membawa beban berlebihan saat ingin memakai motor matic melewati rute banyak tanjakan. Ini untuk mengindari tenaga mesin drop “habis napas” saat melewati tanjakan panjang.


    - Saat proses lintas berkendara, disarankan untuk selalu mengambil posisi terluar dari jalur jalan, karena permukaan jalan tersebut biasa lebih landai yang membantu traksi ban lebih baik, tapi jangan lupa juga untuk memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lain dari arah yang berlawanan.


    - Masih saat proses lintas berkendara, sikap posisi telapak kaki pengendara yang sejajar dengan postur badan bisa membuat proses berkendara lebih siaga, untuk sikap posisi telapak kaki selonjor ke depan ( Leasure : menjauh dari postur badan ) hanya boleh dilakukan saat melewati jalan lurus dan situasi sekitar aman.  


    - Untuk melewati permukaan jalan turunan, Hindari menutup penuh putaran gas di sepeda motor, agar sepeda motor dapat bantuan sedikit efek deselerasi “Engine Brake“ yang bisa mengurangi beban kerja rem selama perjalanan.


    - Memposisikan duduk sedikit mundur kebelakang saat melewati turunan panjang dipercaya bisa membantu meringankan kerja rem sepeda motor jenis matic.


    - Kombinasi teknik pengereman secara bergantian depan dan belakang saat proses perjalanan bisa membantu menghindari rem tidak mengalami panas berlebih selama melewati permukaan tanjakan turunan. Walaupun secara umum saat di awal disarankan kita tetap menggunakan rem depan dan belakang secara lembut namun bersamaan dengan komposisi tekanan rem depan lebih besar dari rem belakang.


    Menggunakan perlengkapan pelindung saat berkendara seperti Helm & Jaket menjadi piranti yang sudah wajib digunakan saat berkendara, “intinya jaga momentum tenaga mesin serta menghindari rem mengalami panas berlebih” menjadi 2 kunci cari aman saat menggunakan jenis motor matic selama melewati rute jalan pegunungan” ucap. Sdr. Reza Novendri.[]
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini