• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    *Kadistanbun Aceh : Siswa SMK-PP Saree Harus Menjadi Petani Mandiri*

    10/01/18, Senin, Oktober 01, 2018 WIB Last Updated 2018-10-01T13:52:13Z

    Aceh Nasional News - Banda Aceh
    Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Saree yang merupakan  sebagai generasi muda dapat dibina untuk pelopor pembangunan pertanian, " Bahkan kedepan mereka harus bisa menjadi petani mandiri dan tangguh". Hal tersebut disampaikan Kadistanbun Aceh A. Hanan SP MM saat tanam perdana Jagung Benih Sebar  di lahan SMK-PP Saree Aceh Besar Minggu, (30/9/18).

    Lebih lanjut A. Hanan mengharapkan melalui kegiatan ini, siswa dapat belajar dengan sungguh-sungguh dengan menerapkan teknologi inovasi secara langsung di lapangan di bawah bimbingan peneliti BPTP. Kesempatan ini perlu dilaksanakan dan dimanfaatkan dengan baik sehingga  benih induk yang ditanam dapat menghasilkan dan dijadikan  benih kembali.

    Melalui transfer teknologi pula, dapat melahirkan generasi milenial yang handal dan tangguh sehingga mampu menghasilkan teknologi inovasi unggulan yang spesifik lokasi. Apalagi ini merupakan salah syarat kelulusan dalam memperoleh sertifikat kompetensi. Di sekolah ini diterapkan uji kompetensi, untuk mendapatkan sertifikat terampil kata Hanan yang juga alumni SMK-PP Saree.

    Jadi siswa patut berbangga dapat karena sertifikat tersebut merupakan bentuk pengakuan yang  sesuai dengan standar nasional. "Siswa harus bisa mengambil kesempatan dengan meraih  predikat terbaik, karena tidak semua orang dapat kesempatan yang sama seperti Grade sekolah ini.

    Menurutnya siswa perlu memahami benih yang ditanam harus baik dan bagaimana merawat agar tumbuh dengan baik karena  benih dari pemula dan tidak bisa diperoleh ditempat lain. Selain itu para  siswa juga perlu dilibatkan untuk menghasilkan  inovasi teknologi terbarukan  seperti halnya pemanfaatan  limbah dan sampah untuk diolah menjadi pupuk organik.

    Mewakili Ka. BPTP, Ir. Basri A. Bakar MSI didampingi peneliti Abdul Azis menjelaskan benih yang ditanam berasal dari Balit Sereal Maros, terdiri tetua jantan NEI - 9008 dan betina Bima-4 yang nantinya menghasilkan benih lagi yaitu Bima-20.

    Menurutnya kerjasama ini perlu terus ditingkatkan, sehingga tugas BPTP Aceh melalui produksi benih sebar dapat tumbuh  berkembang dan  berkelanjutan. "Dalam memproduksi benih perlu perawatan yang intensif dan lebih serius agar benih dapat tumbuh dengan baik bahkan menghasilkan yang  lebih baik", sebutnya.

    Sementara  Ka. SMK-PP Saree, Muhammad Amin melaporkan bahwa kegiatan tanam jagung benih sebar seluas satu hektar merupakan lanjutan kerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Pertanian (BPTP Balitbangtan-Aceh).

    Kegiatan ini  melibatkan 25 siswa dan dihadiri Kabid Produksi Distanbun Aceh, Tim BPSB Provinsi Aceh, Peneliti, guru serta perwakilan siswa SMK Negeri 2 Langsa yang sedang mengikuti magang. *(Abda)*
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini