Header Ads

Panitia Pemiilihan Geuchik Peurada Adakan Acara Penyampaian Misi Dan Visi Para Kandidat


Banda Aceh - Ann
Panitia pelaksana pemilihan Geuchik (kepala desa) Gampong Peurada Banda Aceh menggelar acara penyampaian visi misi kandidat. Minggu (18/11/18) malam. Pemilihan Geuchik Gampong Prada akan dilaksanakan pada Desember 2018 mendatang. Acara berlangsung di Masjid Prada.

Pada kesempatan itu, para kandidat calon geuchik, diberikan waktu untuk memaparkan program kerja jika terpilih menjadi Geuchik Gampong Prada kedepan. Penyampaian visi misi juga diisi dengan sesi tanya jawab dari warga untuk kandidat.

Sesi tanya jawab tersebut dipandu langsung panitia pelaksana, Deddy Andre. Dalam pemaparan tersebut panitia berharap pertanyaan yang diajukan warga tidak mengandung unsur SARA dan saling menjatuhkan hingga berdampak pada kerugian masing-masing kandidat.

Adapun ketiga para kandidat geuchik gampong Prada tersebut yakni, Darmawan nomor urut 1, Marzuki nomor urut 2 dan terakhir Firman Nomor urut 3.

Dalam penyampaian misi dan visi tersebut, Darmawan, sempat memaparkan berbagai program yang akan dilaksanakan jika dirinya terpilih menjadi geuchik. Salah satunya akan menjadikan gampong Prada yang gemilang, aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya, dan berakhlak mulia, dalam bingkai Syariat.

Darmawan, juga mengaku akan membenahi pelaksanaan Fardhu Kifayah, atas segala kekurangannya, sepertihalnya terhadap kebutuhan bahan bahan untuk si mayit. “Artinya dalam pelaksanaannya harus sudah benar-benar tersedia dengan baik dan teratur. Dan itu sudah ada dalam benak dan pikiran saya,” ujar Darmawan.

Selain itu, Darmawan juga menyebut akan melakukan pemberdayaan ekonomi terhadap Ibu Rumah Tangga (IRT) seperti Industri Kecil Menengah(IKM), memberlakukan sistem tata pemerintahan gampong yang baik dan bersih, tanpa Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN) dengan mengacu pada sistem online, baik dalam penggunaan anggaran gampong maupun pelayanan publik yang bersifat akuntabel dan transparan agar dapat terpenuhinya pelayanan publik secara cepat, tepat dan teratur hingga mencapai titik yang maksimal.

Selebihnya banyak lagi lainnya yang akan dicanangkan Darmawan, seperti masalah pelaksanaan adat istiadat gampong yang mulai punah, pelaksanaan pesta perkawinan, serta berbagai rakan qanun gampong lainnya.

“Dan itu harus dipersiapkan secara mantang arif dan bijaksana,” terang Darmawan, sembari berharap dukungan semua elemen warga gampong dari berbagai profesi, baik orang tua gampong, ibu ibu, serta pemuda pemudi. “Sebab tanpa dukungan semua pihak pada hakekatnya program yang dicanangkan itu tidak akan bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan,” tambahnya.

Terakhir, mantan Pj sekgam Prada, yang sudah berkiprah dan mengabdi untuk gampongnya itu semasa dirinya duduk di bangku SMA, berharap masing-masing kandidat yang akan bersaing di pemilihan geuchik nantinya bisa lebih sportif, sebagaimana kaedah kaedah yang telah disepakati. Karena tujuannya tak lain adalah untuk kemajuan dan membangun Gampong Prada yang dicintainya itu kedepannya lebih baik lagi.

Selanjutnya dalam kesempatan yang sama calon nomor urut 2 Marzuki, juga memaparkan berbagai programnya, salah satunya terkait kelembagaan PKK yang selama ini dinilai sudah vakum. Sebagaimana  yang dipertanyakan oleh Zamzuriah, terhadap dukungannya jika terpilih sebagai geuchik.

Marzuki, mengatakan senantiasa mendukung program tersebut, dan mengikut sertakan isterinya hingga berperan langsung dalam memajukan program PKK. “Program PKK itu sangat penting, disamping program-program lainnya, dan isteri saya akan ikut langsung berperan penting dalam hal PKK tersebut, sehingga dalam pelaksaanaan nantinya bisa saling bekerjasama,” sebut Marzuki.

Sementara itu, calon geuchik Firman, mengatakan lebih mengutamakan kepemudaan dalam bingkai orang tua gampong. Karena kebijaksanaan orang tua gampong dalam pengelolaan pendapatan gampong sangat dibutuhkan dalam berbagai pengalaman yang pernah mereka miliki.

Warga pertanyakan pra syarat geuchik

Dalam misi dan visi yang dilaksanakan itu ternyata mengundang banyak pertanyaan warga, salah satunya terkait pra syarat ADM yang ditujukan langsung kepada ka

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.