Header Ads

POLDA ACEH GELAR OPERASI PATUH SEULAWAH 2020

Banda Aceh - ANN
Polda Aceh bersama jajarannya mulai menggelar operasi patuh seulawah tahun 2020 yang digelar dari tanggal 23 juli hingga 5 agustus 2020.

Operasi patuh seulawah  tahun 2020 di Polda Aceh ditandai dengan apel gelar pasukan di halaman Mapolda Aceh,Kamis (23/7) pagi dengan Irup Wakapolda Aceh Brigjen Pol. Drs. Raden Purwadi, S. H, dan dihadiri Irwasda, Para Pejabat Utama, Kapolresta Banda Aceh, Pamen, Pama dan Personel Polda Aceh lainnya. 

Kemudian pejabat dari instansi terkait yang hadir Danpomdam IM, Dandim 0101 BS, Kadishub Provinsi Aceh, Kepala Badan Pengelola Keuangan Aceh, Kasatpol PP/WH Provinsi Aceh, Kepala Cabang PT.Jasa Raharja Aceh, Kepala DPKP kota Banda Aceh, Ketua organda Provinsi Aceh, Ketua Senkom Provinsi Aceh dan para undangan lainnya.

Apel gelar pasukan diawali laporan komandan upacara kemudian penyematan tanda pita operasi kepada tiga personel masing-masing dari Pomdam IM, Polantas dan Dishub Provinsi Aceh.
 
Wakapolda Aceh dalam kesempatan itu membacakan amanat tertulis Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil, diantaranya mengatakan, operasi patuh seulawah dilaksanakan setiap tahun dan merupakan kalender kamtibmas yang kita laksanakan saat ini, kata Wakapolda.

Berdasarkan analisa dan evaluasi pelaksanaan operasi patuh seulawah tahun 2018 dan 2019 di wilayah hukum Polda Aceh data pada tahun 2018 terdapat 46 kejadian dan tahun 2019 meningkat menjadi 72 kejadian dengan prosentase 57 %, korban meninggal dunia terjadi penurunan 39% dari 18 orang menjadi 11 orang, kata Wakapolda. 

Pada tahun 2018 terdapat 9.571 pelanggaran,  yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 7.947 kasus dan 1.624 teguran. Angka ini terjadi peningkatan sebanyak 37% pada tahun 2019 yaitu 13.153 pelanggaran, yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 10.869 kasus dan 2.284 teguran, sebut Wakapolda. 

Pelaksanaan operasi patuh seulawah 2020 masih dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) guna antisipasi penyebaran cobid-19, oleh karena itu selain melaksanakan sasaran dan pelanggaran prioritas operasi juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, kata Wakapolda. 

Demi terwujudnya kamseltibcarlantas yang lebih kondusif, Kepolisian Negara Republik Indonesia, khususnya Polisi Lalu Lintas, yang didukung oleh satuan fungsi lainnya serta melibatkan para pemangku kepentingan, akan melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi"Patuh Seulawah-2020" yang diawali dengan gelar pasuksn pada masing-masing daerah, kata Wakapolda. 

Apel gelar pasukan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan serta _Physical distancing_dalam rangka mencegah penularan covid-19 serta mengawali pelaksanaan operasi patuh seulawah tahun 2020, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi yang akan digelar, kata Wakapolda. 

Dalam kegiatan pelaksanaan operasi patuh seulawah 2020 yang terlaksana bersamaan dengan momen pelaksanaan kegiatan hari raya Idul Adha 1441 H, kata Wakapolda. 

Oleh karenanya kegiatan arus transportasi barang, terutama sembako, BBM, diwajibkan terjamin kelancarannya termasuk masyarakat dilarang membuat kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian guna menghindari penyebaran covid-19, kata Wakapolda. 

Pada pelaksanaan operasi patuh seulawah tahun 2020, beberapa pelanggaran yang berpotensi terhadap kecelakaan perlu mendapat perhatian untuk dijadikan sasaran prioritas operasi, antara lain, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar SNI, pengemudi kendaraan bermotor roda empat yang tidak menggunakan _safety belt_, pengemudi kendaraan bermotor yang melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol _(Drink driving)_, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur _(Child restrain)_, menggunakan HP saat mengemudikan kendaraan bermotor dan pengendara yang melawan arus lalu lintas, kata Wakapolda. 

Apel gelar pasukan operasi patuh 2020 diakhiri dengan pembacaan do'a

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.