Header Ads

Selenggarakan Kontes Pembelajaran Secara Online, Bukti Komitmen Honda Dalam Dunia Pendidikan

 Banda Aceh I ANN


Pada masa pandemi saat ini banyak kegiatan yang seharusnya dilakukan secara langsung dengan tatap muka beralih secara online, hal ini juga terjadi dalam segala kegiatan pembinaan terhadap SMK, khususnya di Aceh yang harus dilakukan secara Daring (online). PT Capela Dinamik Nusantara (Capella Honda) selaku Main Dealer sepeda motor untuk wilayah Aceh, Riau, dan Kepulauan Riau melangsungkan Kontes Kreativitas Pembelajaran online untuk Guru SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor untuk tahap Regional Aceh dimana peserta yang lolos dari seleksi tahap sekolah selanjutnya bersaing untuk mendapatkan tiket ke tahap nasional yang direncanakan di bulan Oktober 2020.


Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 dilaksanakan untuk mewujudkan standar kompetensi guru yang mumpuni sebagai modal utama mencetak siswa-siswi SMK berkualitas di bidang otomotif roda dua walaupun dengan metode daring. 


Ada 3 tahapan seleksi yang harus dilewati para peserta pada kontes kali ini, yaitu tahap seleksi sekolah telah berlangsung sejak tanggal 18-29 Agustus 2020 dimana peserta mengikuti pengujian teori dengan Google form dan juga pengiriman Video praktek yang dibuat oleh masing-masing guru yang ikut, tahap penyisihan regional tanggal 14-16 September 2020, dan tahap akhir seleksi regional atau grand final pada tanggal 25 September 2020.


Tahun ini peserta yang ikut berpartisipasi dalam seleksi sekolah ada sebanyak 51 peserta,  dimana 25 peserta ikut sampai ke tahap pengiriman video praktek, dan 15 peserta masuk pada tahap regional, serta 3 peserta yang masuk pada tahap akhir yaitu grand final. 


Pada tanggal 14 September sebelum pelaksanaan kontes regional sekitar pukul 09.30 WIB melalui aplikasi virtual, PT Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) bersama PT Astra Honda Motor, dan Dinas Pendidikan Aceh melakukan opening (pembukaan) terlebih dahulu dan dihadiri oleh Kepala SMK Binaan Astra Honda wilayah aceh dan peserta kontes guru tahap regional. 


Direktur Marketing PT Capella Dinamik Nusantara, Johnny Chandra dalam sambutannya menyampaikan akan komitmen Honda selaku DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) yang bekerjasama dengan 19 SMK di Aceh untuk terus memberikan pelatihan kepada para tenaga pendidik dalam meningkatkan pengetahuan dan skill dalam dunia industri otomotif.


“Kami akan tetap hadir memberikan kegiatan yang lebih kreatif dan diharapkan melalui kontes pembelajaran online ini, guru-guru aceh akan lebih dikenal lagi ditingkat nasional dan mampu bersaing dengan guru- guru dari propinsi lainnya diseluruh Indonesia,” ujar Johnny Chandra.


Selain dari pihak PT Capella Dinamik Nusantara, pihak Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Aceh yang diwakili Kepala Bidang SMK, Teuku Mifthahuddin M.Pd meyampaikan harapannya kepada Capella Honda agar senantiasa menjalin kerjasama dengan SMK-SMK yang ada di Aceh.


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Honda terhadap guru-guru yang ada di aceh, seperti yang kita ketahui saat ini ada sekitar 68 SMK untuk jurusan teknik dan bisnis sepeda motor tersebar diseluruh kabupaten/ kota, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan para tenaga pendidik dalam industri otomotif”, Teuku Mifthahuddin


Kontes tahap regional melakukan pengujian dengan metode presentasi live (menjelaskan materi secara langsung) yang terhubung secara virtual dengan para dewan juri. Waktu yang diberikan untuk setiap peserta adalah 15 menit untuk menyampaikan materi mengenai teknik sepeda motor yang telah dibuat oleh peserta guru. Dari kegiatan yang berlangsung selama 3 hari itu berjalan dengan sukses tanpa ada gangguan. Diakui semangat para guru dalam kegiatan ini harus diacungin jempol karena kegiatan ini termasuk kegiatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.


Penilaiannya sendiri terdiri dari 4 kriteria yaitu bahan mengajar, teknik mengajar, penguasaan materi, dan penggunaan waktu.


Dari hasil kontes tahap regional akan dipilih 1 orang yang akan mewakili Aceh untuk bertanding ditingkat nasional yang dilaksanakan pada Oktober 2020. Metode pengujiannya sendiri adalah sama dengan pengujian di tahap regional, dimana dari 27 Main Dealer Honda yang ada di Indonesia akan mengirimkan masing-masing perwakilannya untuk mendapatkan hadiah uang tunai puluhan juta rupiah.


Adapun 3 juara pada Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2020 Regional Aceh adalah : juara I Agussami, S.Pd (SMKN 1 Bandar Dua) yang sekaligus mewakili Aceh untuk ketingkat Nasional, juara II Samsul Bahri, S.Pd (SMKN 1 Lhoksukon) , juara III Rohelli, S.Pd (SMKN 2 Bener Meriah).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.