Header Ads

Sandiaga Uno Berharap pengrajin Aceh Besar Sukses Dan Berkembang

 Kota Jantho - ANN


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr Sandiaga Salahuddin Uno MBA mengagumi produk kerajinan dari Aceh Besar. Potensi tersebut diharapkan dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat. 

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno ketika mengunjungi Kelompok Souvenir Hudep Beusare Gampong Dayah Daboh Kecamatan Montasik yang merupakan sentra pengembangan kerajinan souvenir dan Gedung Dekranasda Aceh Besar di Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Minggu (2/5/2021). Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali yang diwakili Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi, anggota DPR RI asal Aceh Hj Illiza Saaduddin Djamal, Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Dr Dyah Erti Idawati, Ketua TP-PKK Aceh Besar Hj Rahmah SH, Ketua Dharma Wanita Persatuan Aceh Besar Sri Wahyuna, Kadisparpora Aceh Besar Ridwan Jamil SSos MSi, Plt Kadis Koperasi dan UKM Aceh Besar Darmansyah ST, para pengurus Dekranasda Aceh Besar, dan para pengrajin. 

Sekdakab Aceh Besar Drs Sulaimi MSi menjelaskan, saat ini beraneka ragam produk kerajinan Aceh Besar semakin diminati pembeli. Seperti tas bordir, tas anyaman, kerawang Aceh, kain songket,  kuliner, dan lain sebagainya. 

Menurut Sulaimi, Pemkab Aceh Besar melalui OPD terkait terus melakukan pembinaan kepada para pengrajin yang terlihat sangat antusias mengembangkan usaha mereka. 

Namun begitu, ungkapnya, bantuan dan kepedulian dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tetap dibutuhkan untuk makin memotivasi pengrajin. 

Ketua TP PKK Aceh Besar Hj Rahmah menjelaskan, saat ini berbagai kerajinan rakyat terus berkembang di Aceh Besar. Pihaknya juga selalu melakukan pembinaan kepada para pengrajin dan pelaku UMKM. 

Diungkapkan Rahmah, Gampong Dayah Daboh tahun 2016 menjadi juara desa kerajinan tingkat Provinsi Aceh. Banyak wisatawan yang hadir ke gampong kerajinan ini. 

Sementara itu, Menpar dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku sangat mengagumi berbagai produksi yang dihasilkan para pengrajin di Aceh Besar. Hal tersebut merupakan langkah positif untuk diberdayakan demi peningkatan kesejahteraan pengrajin. 

Sandiaga Uno berharap, pengrajin Aceh Besar akan terus sukses dan berkembang. 

Dalam kunjungan itu, Sandiaga Uno didampingi istrinya, Nur Asia juga berdialog dengan para pengrajin dari Aceh Besar serta secara simbolis menyerahkan   bantuan kepada pengrajin yang terkena imbas Covid-19. 

Di akhir kunjungan, Sandiaga ikut mengaduk kuah beulangong khas Aceh Besar yang dimasak oleh warga setempat. 

Keuchik Dayah Daboh Mukaffi menambahkan, saat ini kelompok pengrajin souvenir di gampong tersebut sebanyak 12 kelompok dan masing-masing kelompok memiliki 12-15 anggota. Usaha souvenir masyarakat mulai hadir sejak tahun 1990. Untuk itu, pihaknya mengharapkan kepedulian serta bantuan dari Menpar dan Ekonomi Kreatif yang sudah bersedia berkunjung ke Gampong Dayah Daboh.


FOTO/ HUMAS PEMKAB ACEH BESAR


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr Sandiaga Uno berkunjung ke Gampong Dayah Daboh, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, Minggu siang (2/5/2021).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.