Header Ads

Judul Iklan

Aceh Besar Terima 1.960 Dosis Vaksin Moderna Ke Puskesmas


Kota Jantho –ANN.co.id

 Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar Menerima Sebanyak 1.960 Dosis Vaksin Moderna, Senin, 9 Agustus 2021.

Vaksin moderna yang dikirim oleh Dinas Kesehatan Provinsi Aceh ini diperuntukan untuk tenaga kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Aceh Besar.

Setiap Puskesmas ditiap Kecamatan akan mendapat jatah vaksin sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada di masing-masing Puskesmas.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Edi Purwanto mengatakan, Dinkes Aceh Besar menerima 140 vial vaksin atau sekitar 1.960 dosis. Vaksin ini akan disuntikkan sebagai dosis ketiga (booster) kepada seluruh tenaga kesehatan di Aceh Besar.

“Hari ini, pagi tadi kita menerima 140 vial atau sekitar 1.960 dosis dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh,”kata dr. Edi Purwanto kepada mediasatu.id di Ruang Penyimpanan Vaksin Dinkes Aceh Besar.

Lebih lanjut kata dr. Edi Purwanto, Aceh Besar mempunyai 2.521 tenaga kesehatan yang tersebar di Rumah Sakit Umum, Klinik Milik Pemerintah dan Puskesmas di Kabupaten Setempat.

“Total tenaga kesehatan seluruhnya 2.521 orang, berarti jika dihitung jumlah vaksin kita kekurangan sekitar 561 dosis. Nantinya akan coba kita ajukan kembali ke Dinkes Provinsi Aceh jika stoknya masih ada,” sebutnya.

Terkait kenapa penyuntikan vaksin kiriman terbaru ini diprioritaskan kepada tenaga kesehatan, Kabid P2P Dinkes Aceh Besar dr. Edi Purwanto menjelaskan, tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan kesehatan, baik itu di Rumah Sakit, Puskesmas maupun Klinik Kesehatan milik Pemerintah.

“Vaksin Moderna kiriman baru ini kita khususkan kepada tenaga kesehatan karena ini adalah Dosis Ketiga (booster). Terutama Puskesmas dan Rumah Sakit, tenaga kesehatan adalah garda terdepan untuk memberikan pelayanan,”ujarnya.

Penyuntikan vaksin kepada tenaga medis Kabupaten Aceh Besar akan dimulai pada Kamis (12/8/) di masing-masing Puskesmas dan Rumah Sakit. Targetnya penyuntikan akan diselesaikan dalam 3 hari, sehingga pada Senin (16/8/) seluruh tenaga kesehatan sudah siap memberikan pelayanan kembali.

Untuk diketahui, sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar untuk semua sektor di Kabupaten itu telah divaksin Dosis satu sebanyak 31.578 (13,6%). Kemudian untuk dosis kedua baru tervaksin 13.082 (52,6%) dari total sasaran 231.651 orang.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.