Iklan

Category 2

Bentuk Sikap dan Kedisiplinan, Babinsa Ini Latih PBB Siswa-Siswi SMPN 2 Kuta Cot Glie

2/05/22, Sabtu, Februari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-02-05T09:32:38Z


Aceh Besar – Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) sebagai wujud latihan fisik guna membentuk sikap, kedisiplinan dan kekompakan sejak dini. Anggota Koramil 26/Kuta Cot Glie Kodim 0101/Kota Banda Aceh Serda Roniyaldimo memberikan pelatihan dasar PBB kepada Siswa-Siswi SMP Negeri 2 Kuta Cot Glie, Sabtu (5/2/2022).

 

Usai kegiatan, Serda Roniyaldimo yang kesehariannya bertugas sebagai Babinsa Keumireu, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar itu menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisiplinan dan suatu latihan awal untuk membela negara.

 

“Karena dalam PBB ini punya manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah sehingga dengan cara ini dapat melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh serta mengatur emosi,” terangnya.

 

Latihan yang diberikan berupa latihan penghormatan dan dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Namun sebelum itu, Babinsa juga mengisi kegiatan dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa.

 

“Kegiatan kita awali dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang), agar mereka bisa mengambil banyak hal positif dari pembelajaran PBB ini,” jelas Serda Roni.

 

Setelah itu, dilanjutkan materi praktek yang diawali dengan memberikan contoh gerakan kepada para siswa-siswi untuk dapat di contoh dan diikuti.

 

“Kemudian, kami berikan instruksi dan menilai gerakannya. Jika masih salah, kita akan perbaiki dan ulangi sampai benar,” tuturnya.

 

Dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Komentar

Tampilkan

Terkini