Iklan

Category 2

Ini Manfaat Vaksin Untuk Anak Anak

2/08/22, Selasa, Februari 08, 2022 WIB Last Updated 2022-02-07T19:24:15Z

 


ANAK ANAK usia sekolah dasar masih rentan dari berbagai penyakit sehingga memerlukan perlindungan tambahan agar dapat terhindar dari risiko terinfeksi penyakit tersebut. Untuk itu, Kementerian Kesehatan menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang rutin diselenggarakan pada bulan Agustus dan November setiap tahun.

Tujuan pemberian vaksin kepada anak ini, antara lain, adalah untuk memperpanjang antibodi atau kekebalan, terutama terhadap penyakit difteri, tetanus, campak, dan rubella, karena penyakit-penyakit ini tidak hanya dapat dialami mereka ketika masih bayi tapi juga bisa terjadi saat mereka di usia sekolah.

Pelaksanaan BIAS tidak sepenuhnya dapat berjalan secara maksimal karena selama pandemi COVID-19 banyak siswa yang belajar secara dalam jaringan (daring).

Di sisi lain, mulai 14 Desember 2021, pemerintah juga mulai menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun, yang juga merupakan murid sekolah dasar. Kedua program dilaksanakan dengan melakukan suntikan kepada anak dengan tujuan memberikan perlindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Redaksi mengangkat tema vaksinasi tersebut sebagai Media Utama edisi akhir tahun 2021 ini. Dengan menjelaskan tentang manfaat BIAS dan vaksinasi COVID-19 serta bagaimana kedua program berjalan pada Mediakom edisi Desember ini.”

 

“Para Asisten Sekda Aceh beserta Staf Ahli Gubernur dan Kepala SKPA, mengikuti zikir dan doa bersama memohon dijauhkan dari wabah dan bencana Covid-19, di Ruang Potensi Daerah, Banda Aceh, Rabu, 12/1/2022. Zikir ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh ASN Pemerintah Aceh dari kantor masing-masing.

Sekda Kembali Ingatkan Pihak Sekolah Sukseskan Vaksinasi Siswa

Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah kembali mengingatkan pihak sekolah SMA, SMK dan SLB di Aceh untuk menyukseskan vaksinasi siswa sebagai upaya mengakhiri pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Taqwallah dalam arahannya usai mengikuti zikir dan doa pagi bersama di Kantor Badan Penghubung Pemerintah Aceh di Jakarta, Rabu (12/01/2022).

Arahan itu selain dikhususkan bagi pihak sekolah, juga berlaku untuk seluruh peserta zikir yang mengikuti kegiatan tersebut secara virtual dari seluruh Aceh. Para peserta zikir itu terdiri dari aparatur sipil negara (ASN), pihak sekolah SMA, SMK dan SLB se Aceh, pihak SKPA di Banda Aceh maupun yang memiliki UPTD dan aparatur di kabupaten/kota.

Taqwallah pada kesempatan itu menyapa sejumlah peserta zikir melalui saluran virtual untuk menanyakan progres vaksinasi pada masing-masing sekolah.

“Bapak ibu harus mampu menyukseskan vaksinasi di sekolah masing-masing,” kata Taqwallah.

Sekda Aceh itu juga mengatakan, saat ini ketersediaan vaksin di Aceh aman untuk melayani kebutuhan vaksinasi masyarakat. Untuk itu Taqwallah meminta semua pihak untuk memanfaatkan ketersediaan vaksin dengan segera melakukan vaksinasi. [ADV]”

Editor: Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini