• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Tips “5P Cari_aman” merawat Sepeda motor di musim hujan

    10/24/22, Senin, Oktober 24, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T05:16:34Z

    1. Pastikan membasuh ulang bagian permukaan sepeda motor atau cuci menyeluruh setelah terkena hujan saat selesai digunakan, Mencuci motor setelah terkena hujan hukumnya adalah wajib. Hal ini bertujuan agar kandungan asam, kotoran ataupun lumpur yang menempel pada bagian komponen motor bisa hilang setelah dibasuh air bersih.
    2. Periksa permukaan dan tekanan angin ban secara berkala, kondisi tekanan angin ban motor yang sering kurang dari standar dapat menyebabkan permukaan ban cepat aus hingga mudah mengalami kebocoran, hal ini akan diperparah jika ban sepeda motor sering terkena genangan air. 
    3. Periksa busi serta kondisi tutup pelindungnya, Busi adalah komponen terpenting pada sepeda motor karena pengapian pertama kali terjadi di busi. Ketika hujan, motor yang sering mogok juga bisa disebabkan oleh kondisi busi yang basah. Karena itu, perlu memastikan busi motor tetap kering dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi dan mengelap busi beserta kabelnya sampai benar-benar kering.
    4. Periksa dan bersihkan kampas rem, Hujan dapat menyebabkan kampas rem motor mengembang serta dapat masuknya partikel kotoran ke sela sela perangkat rem yang bergesekan, dalam kondisi ini ketika pengendara melakukan pengereman akan terdengar suara berdecit yang tidak nyaman bahkan jika dibiarkan dapat menggores tromol atau piringan rem, hal ini dapat diatasi dengan membersihkan permukaan media mekanis pengeremen secara menyeluruh jika diperlukan.
    5. Periksa kondisi rantai & Drive belt, bagi pengguna sepeda motor bebek atau sport rantai roda merupakan media penerus gerak mesin ke roda, begitu juga untuk Drive belt yang merupakan media penerus gerak mesin ke roda di type sepeda motor matic, nah komponen ini harus dicek dan dirawat mengingat fungsinya yang krusial, apalagi letak komponen ini di posisi bagian bawah yang rentan sering terkena air sehingga bisa membuat part lebih mudah aus jika tidak dirawat.
    Nah dengan memastikan menjalankan tips “5P Cari_Aman” sesuai petunjuk diatas, kita dapat meminimalisir potensi gangguan yang berdampak pada keselamatan serta kenyamanan saat berkendara di jalan. Ucap “ Reza Novendri selaku Safety Riding Instructor Honda ” dari PT. Capella Dinamik Nusantara.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini