Header Ads

Wabup Aceh Besar dan Forkopimda Luncurkan Bajak Sawah MT Rendengan

 


Kota Jantho - ANN

Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab bersama Forkopimda meluncurkan (launching) kegiatan bajak sawah musim tanam rendengan 2020-2021 dalam rangka bantuan gagal panen musim tanam rendengan 2019 di Gampong Glee Jai, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (19/11/2020). Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0101/BS Kol Inf Abdul Rozak Rangkuti, Kapolres Aceh Besar AKBP Riki Kurniawan, Plt Sekda Aceh Besar Abdullah SSos, Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar Mursalin, Muspika Kuta Cot Glie, PPL, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Kadis Pertanian Aceh Besar Jakfar SP melaporkan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah untuk membantu para petani setempat.

Ia menjelaskan, pada MT rendengan tahun 2019, seluas 800 hektare sawah di wilayah Kuta Cot Glie itu mengalami gagal panen karena kekurangan air. Petani hanya mengandalkan air hujan, sehingga tak memperoleh hasil maksimal. "Semoga ke depan ada solusi segera untuk membantu petani, baik melalui pompanisasi ataupun sumur bor," katanya.

Sementara itu, Wabup Aceh Besar H Husaini A Wahab mengajak semua petani untuk selalu giat berusaha dan mensyukuri rahmat Allah SWT.

Waled Husaini mengungkapkan, meskipun gagal panen, namun petani diminta jangan  berputus asa. "Saya mengimbau, hendaklah selalu bekerja keras. Semoga melalui bajak sawah di lahan tadah hujan ini, hasil ke depan lebih baik lagi. Mari kita berdoa dan terus berusaha," ajak Wabup Aceh Besar.


Ia juga mengajak agar petani melakukan tanam padi secara serentak guna mencegah hama dan penyakit tanaman. Selain itu, tingkatkan kekompakan di kalangan petani. Jangan karena persoalan air di sawah, justru membuat permasalahan dan perselisihan di antara petani. 

Untuk itu, Wabup Aceh Besar mengharapkan petani untuk memanfaatkan bajak sawah secara gratis itu demi peningkatan pendapatan usahataninya. Bila hasil panen nantinya bagus, maka bersegeralah mengeluarkan zakat sesuai perintah Allah SWT.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.