Header Ads

Gampong Peurada Gelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw 1442 Hijrah Tahun 2020

 

Banda Aceh - ANN

Warga Desa Gampong Peurada, Kecamatan Syiah Kuala, gelar perayaan Maulid nabi Muhammad Saw 1442 Hijriah kota Banda Aceh  tetap mempertahankan tradisi Kenduri setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi turun-temurun yang rutin tiap tahun dilakukan itu, kali ini digelar di BKM Masjid Gampong Peurada .Setiap keluarga membawa Nasi atau baki berisi nasi dengan aneka lauk dan sayur serta tidak ketinggalan nasi briani.

Setiap tahun, ratusan warga dari tiap keluarga tersebut dikumpulkan di Masjid. Hidangan tersebut nanti didoakan oleh tokoh agama setempat sebelum kemudian dibagikan lagi untuk dimakan.

"Kenduri memperingati Maulid Nabi diikuti seluruh warga desa. Di masa pandemi ini tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan," tutur T.Haris sebagai Ketua Panitia pelaksanaan Maulid nabi Muhammad Saw, Sabtu (12/12/2020),.

Kesempatan warga berkumpul dimanfaatkan  mengimbau warga menjaga kesehatan. Mengingat  pandemi covid-19 Sehingga warga perlu waspada dan berhati-hati ujar T.Haris

"Warga saya imbau untuk ini terus berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan demi mencegah pandemi covid-19," pesan T.haris.

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan ujarnya.

Momen Membangkitkan dan Menjaga Semangat Nabi Muhammad

T.Haris,  menambahkan, tradisi memperingati Maulid Nabi dilakukan hampir di semua desa di undang seperti Gampong lingke, Lampeneng, Lamgugop, tunggal, Tibang, tidak hanya itu yang di undang Muspika kecamatan, dan tuha Peut, dan Kechik Gampong Peurada Marzuki Ibrahim SE, Ak sebagai pelaksana menyambut Maulid nabi Muhammad Saw.

"Peringatan Maulid Nabi menjadi momen untuk membangkitkan seperti anak anak Gampong Peurada yang meudike yang sudah di latih jauh jauh hari sebelum acara maulid nabi Muhammad Saw di laksanakan, dan menjaga semangat Nabi dalam diri umat khususnya untuk warga masyarakat desa Gampong Peurada,"pungkas  T.Haris.

Melalui tradisi kenduri, T.haris mengharapkan masyarakat Desa Gampong Peurada, Kecamatan Syiah Kuala Bnda Aceh dapat mengambil teladan dari sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Serta ajang untuk berdoa memohon keselamatan, ketentraman, kemakmuran, serta keamanan bagi seluruh masyarakat desa Gampong Peurada.

T.haris Mengatakan ada berapa dewan yang di Gampong Peurada ada dewan DPRK seperti Irwansyah ada menyumbang sapi 1 ekor, ada lagi Bunda Mimi hadir di acara maulid nabi Muhammad Saw, ada juga dewan dari  DPRA Abdurahman ada juga menyumbang untuk Maulid nabi Muhammad Saw, ujar T. Haris 

malam nanti ada  ceramah Tgk H. Syukri Daud dari Pango Banda Aceh menyambut maulid nabi Besar Muhammad Saw [].

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.