Header Ads

Kapolresta Banda Aceh Cek Langsung Pos Pam dan Pos Yan Ops Lilin Seulawah 2020

 Banda Aceh I ANN


Kepala Kepolisian Resor Kota Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH melakukan pengecekan langsung kesiapan personil di lapangan dalam 

melaksanakan pengamanan di Pos Pengamanan dan Pelayanan Operasi (Pos Pam dan Pos Yan Ops) Lilin Seulawah 2020 dalam wilayah hukum Polresta Banda Aceh, Rabu (23/12/2020).

Kegiatan pengecekan ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam pelaksanaan Operasi Lilin Seulawah tahun 2020 serta memberikan kenyamanan umat kristiani dalam melaksanakan ibadah.

Operasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 15 hari terhitung sejak tanggal 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Kombes Pol Trisno Riyanto, SH saat berlangsungnya pengecekan tersebut menjelaskan, untuk Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan telah siap digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin Seulawah Tahun 2020.

“Operasi Lilin Seulawah ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan kepada umat kristiani dimulai dari Natal dan Tahun Baru 2021", sebut Kapolresta. 

Sudah menjadi tugas kepolisian dan instansi terkait dalam memberikan pengamanan di beberapa gereja di Banda Aceh. Dimana seluruh umat kristiani nantinya akan melaksanakan ibadah natal di gereja - gereja, tuturnya.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan untuk Operasi Lilin tersebut, Polresta Banda Aceh membangun empat pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Pos pelayanan dibangun di pelabuhan Ulee Lheue dan Bandara SIM.

Pos pengamanan tersebut ada empat di antaranya untuk pengamanan gereja sedangkan pos pelayanan di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue dan Bandara SIM, di mana di pelabuhan tersebut diperkirakan dipadati wisatawan yang akan ke Pulau Weh, Kota Sabang begitu juga dengan Bandara SIM menerima wisatawan dalam kunjungan ke Banda Aceh

"Pengamanan ini untuk mengantisipasi ancaman gangguan keamanan bagi mereka yang merayakan Natal dan Tahun Baru. Namun begitu, secara keseluruhan kondisi keamanan di Kota Banda Aceh sangat kondusif," kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

Kombes Pol Trisno Riyanto menyebutkan Polresta Banda Aceh mengerahkan 121 personel dibantu prajurit TNI, petugas Satpol PP dan WH, serta Dinas Perhubungan, instansi terkait dan organisasi masyarakat untuk operasi lilin dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru.

"Kami sudah menggelar apel Operasi Lilin Seulawah 2020 di Polda Aceh. Sedangkan operasi dimulai 21 Desember hingga 4 Januari mendatang. Selain rumah ibadah dan tempat wisata, pusat keramaian serta pusat perbelanjaan juga menjadi sasaran operasi," kata Kombes Pol Trisno Riyanto.

Trisno mengimbau kepada seluruh warga masyarakat khususnya Kota Banda Aceh dan Aceh Besar untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif,” imbauannya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.