Header Ads

Judul Iklan

Pramuka Gudep Pangkalan SMAN 1 Sukamakmur Adakan Perjusami


ANN | Gerakan Pramuka Gugus Depan Kabupaten Aceh Besar pangkalan SMA Negeri 1 Sukamakmur adakan perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 12 sampai 14 maret 2021 dan  diikuti oleh sejumlah peserta dari kelas X dan XI dengan tetap memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan guna menghidari penularan Covid-19 yang masih mewabah saat ini.

Kegiatan yang berlangsung di perkarangan SMAN 1 Sukamakmur ini dihadiri oleh sejumlah tamu undangan dari unsur pengawas pembina sekolah, koramil setempat dan para dewan guru SMAN 1 Sukamakmur.

Perjusami yang merupakan agenda rutin ekstrakurikuler kepramukaan tersebut diisi dengan beragam kegiatan guna membentuk kepribadian cinta tanah air, religius , berbudi, memahami HAM dan persatuan dan kesatuan serta bela Negara,  juga memberikan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan. Pada hari terakhir diadakan perlombaan antar kelompok.

Khairatul Ulya salah seorang peserta yang dimitai keterangannya menyampaikan antusiasnya dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan Perjusami karena bisa mendapat pengalaman yang sangat berkesan dan akan ikut kembali dalam acara serupa pada even yang akan datang.

Pembukaan acara  dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah Drs Dahlan MPd, Jumat (12/3).

Dalam pembukaaanya Dahlan menyampaikan pentingnya kegiatan kepramukaan bagi pembentukan karakter dan keterampilan para peserta. Adapun karakter yang yang diharapkan terbentuk adalah kejujuran (integritas), kreatifitas, komunikatif, kerjasama (collaborative). Karakter-karakter tersebut merupakan modal bagi para pserta didik untuk bersaing dimasa yang akan datang.

Dalam kesempatan yang sama Dahlan juga memberikan semangat dan amanat bagi para peserta dan pembina melalui bait pantun ‘Salam Pramuka”yang disambut tepuk tangan meriah peserta Perjusami.

 

 

 

 

Kegiatan berakhir dengan pembagian piala untuk para juara lomba dilakukan pada saat upacara, Senin (15/3). Pada kesempatan ini Dahlan yang juga penasehat Pramuka Gugus Depan SMAN 1 Sukamakmur menyampaikan apresiasi terhadap keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan dan ucapan selamat bagi para juara.

Selain itu ia juga menyampaikan terimakasih kepada para kakak pembina dan panitia yang telah membantu terlaksananya kegiatan Perjusami tersebut hingga hari terakhir.

Dahlan menambahkah bahwa kegiatan ekstrakulikuler pramuka adalah ektrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik selama menempuh pendidikan sekolah, maka dari itu ia berharap pada even mendatang agar seluruh siswa dapat mengikutinya. Untuk saat ini pihaknya memang tidak mewajibkan semua ikut dikarenakan kondisi pandemi masih saja berlangsung, namun ia berharap kedepan setelah pandemi berakhir, semua siswa wajib ikut. demikian sebut Dahlan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.