Header Ads

UD Sejahtera, Unit Usaha BMG yang Kian Mandiri Mulai Membuah Hasil


kelontongan UD Sejahtera semakin ramai pembeli. Unit Usaha Baitul Mal Gampong (BMG) Babah Dua, Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya ini semakin maju dan keuntungan yang diperoleh pun dapat terukur di akhir tahun.

UD Sejahtera ini didanai penuh Baitul Mal Aceh melalui program Gampong Produktif tahun 2018 sebesar Rp50 juta. Setahun pertama usaha tersebut tidak berjalan sesuai harapan. Namun pada tahun selanjutnya melalui tangan seorang yang berpengalaman mulai membuahkan hasil.

Pada tahun 2019, UD Sejahtera telah meraup keuntungan sebesar Rp23 juta bersih setelah pemotongan modal. Dari hasil keuntungan tersebut dibagi dua dengan pengelola masing memperoleh Rp11,5 juta.

“Sebelum dijalankan usaha kelontong, kita sempat ingin membuat program penggemukan sapi, namun setelah kami duduk rapat bersama perangkat desa, maka dipercayakan kepada seorang yang pernah punya pengalaman mengelola toko kelontong di Pasar Minggu, Jakarta, akhirnya kita percayakan orang tersebut,” ungkap Geuchik Gampong Babah Dua, Suanda saat berkunjung ke Baitul Mal Aceh beberapa waktu lalu.

Masyarakat sempat meragukan ketika awal dibentuk unit ini. Mereka sedikit khawatir jika dana Rp50 juta itu bakal habis atau hilang begitu saja. Kekhawatiran itu merupakan hal yang lumrah di tengah masyarakat, menurut Suanda. Apalagi mereka belum melihat hasilnya.

Akhirnya masyarakat dapat melihat dengan sendirinya hasil dari pengelolaan UD Sejahtera tersebut. UD Sejahtera kini sudah menjadi pemasok barang kebutuhan Dapur Sehat Dayah Budi Lamno, Aceh Jaya.

“Untuk beras dan telur kita kerjasama dengan Bulog setempat untuk program Rumah Pangan Kita,” tambah Suanda.

Pembagian hasil dari unit usaha UD Sejahtera direncanakan akan dikumpulkan untuk diberdayakan masyarakat miskin lainnya di sana. Zakat produktif memberikan dampak yang nyata ketika berada di tangan orang yang tepat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.